Sebanyak 400 Prajurit Yonif 142/KJ tiba di Jambi Usai Laksanakan Tugas Pengamanan Perbatasan di Papua

Sebanyak 400 Prajurit Yonif 142/KJ tiba di Jambi Usai Laksanakan Tugas Pengamanan Perbatasan di Papua

Sebanyak 400 Prajurit Yonif 142/KJ tiba di Jambi Usai Laksanakan Tugas Pengamanan Perbatasan di Papua--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono pimpin upacara penyambutan Satgas Yonif Raider 142/KJ dan Pengukuhan Keluarga Asuh TNI-POLRI, di Lapangan Makorem 042/Gapu, pada Selasa (23/5) pagi.

Selama 14 bulan, 400 Prajurit Yonif Raider 142/Ksatria Jaya (KJ) telah selesai melaksanakan tugas Pengamanan Perbatasan (Pantas) Republik Indonesia di Papua, kini telah tiba di Jambi.

Upacara ini dipimpin langsung oleh Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono, yang dihadiri langsung oleh Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, Gubernur Jambi Al Haris, Wakapolda Jambi Brigjen Pol Yudawan Roswinarso, Dansat Brimob Polda Jambi Kombes Pol Nadi Chaidir, para Pejabat Utama Polda Jambi dan Korem, dan Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Jambi Hasan Basri Agus, serta tamu undangan lainnya.

Upacara kali ini turut diikuti oleh sebanyak 700 orang peserta. 

Berbagai rangkaian upacara dilaksanakan dengan sakral, dari tradisi menurut Lembaga Adat Melayu Jambi dan pengalungan bunga oleh Inspektur Upacara dan Penciuman Tunggul oleh Dansatgas Yonif Raider 142/KJ.

Dalam amanatnya, Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono menyampaikan ucapan selamat datang kepada Personil Satgas Yonif Raider 142/Ksatria Jaya yang telah selesai melaksanakan tugas pengamanan di perbatasan Republik Indonesia, Papua.

"Dimana pengamanan selama 1 tahun memberikan banyak pengalaman dan rintangan yang rekan-rekan alami di tempat tugas, menjadikan satu pengalaman yang sangat berharga yang akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri dan menjadi bekal dalam melaksanakan tugas-tugas selanjutnya," tuturnya.

Selain itu disampaikan juga oleh Kapolda Jambi, untuk terus menjaga sinergitas dan soliditas TNI-Polri, karena hal tersebut merupakan suatu yang penting untuk bangsa dan negara.

"Kita sama-sama menjaga semua, karena kita yakini sinergitas dan soliditas TNI-Polri, menjadi sesuatu yang sangat penting bagi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, kita jaga sama-sama pertahankan demi bangsa dan negara yang sama-sama kita cintai. Ini komitmen saya dan Pak Danrem bagaimana sinergitas soliditas TNI-Polri di Provinsi Jambi senantiasa kokoh berdiri," ujarnya.

Selain itu, Kapolda Jambi juga turut mengukuhkan keluarga asuh TNI-Polri Jambi.

"Pada hari ini saya kukuhkan TNI-POLRI menjadi keluarga besar di wilayah Provinsi Jambi. Semoga kita semua menjadi bagian keluarga seutuhnya untuk bersama-sama menciptakan situasi yang aman, nyaman dan kondusif di wilayah Provinsi Jambi," pungkasnya.

Sementara itu, Komandan Korem (Danrem) 042/Gapu, Brigjen TNI Supriono menyampaikan rasa syukurnya atas kembalinya para prajurit dalam keadaan selamat dan tanpa pelanggaran apapun.

"Alhamdulillah, ke 400 prajurit Yonif Rider 142/Kesatria Jaya kembali dengan hasil maksimal. Mereka berhasil tanpa ada pelanggaran apapun selama operasi di perbatasan RI-Papua," ungkapnya.

Supriono menambahkan, selama bertugas sekitar 14 bulan meninggalkan keluarga, tidak ditemukan adanya kerugian personil, senjata dan semua perlengkapan semua lengkap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: