Waduh! Ditemukan 137 Titik Panas di Daerah Jambi yang Banyak Lahan Gambut

Waduh! Ditemukan 137 Titik Panas di Daerah Jambi yang Banyak Lahan Gambut

Danrem, Gubernur dan kapolda Jambi terus bersinergi mengamankan Jambi dari Karhutla --

 

Khususnya di Kabupaten Tanjabtim ada beberapa klaster yang akan ditempatkan beberapa satgas karhutla dimana nantinya apabila terjadi karhutla di wilayahnya mereka-mereka ini yang akan menanganinya dan kita juga akan dibantu dua helikopter bombing untuk melakukan pemadaman saat terjadi kebakaran, kata Kepala BPBD Provinsi Jambi Bachyuni.

 

Pada kesempatan tersebut, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi mengucapkan terimakasih kepada semua 'stakeholder' yang terlibat, terkait kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan aman dan lancar serta dirinya juga perlu dibuatkan konsep integrasi untuk Korem - Korem yang mempunyai masalah kebakaran hutan dan lahan, sehingga saya tahu betul bahwa masalah utamanya adalah di anggaran dana operasional.

 

Pangdam juga meminta untuk jajaran Korem, agar membuat Protap Penanganan Karhutla di wilayah Korem masing-masing dengan Instansi Terkait lainnya, seperti Polri, Pemda, BPBD, Manggala Agni, dan perusahaan-perusahaan serta Ormas lainnya yang ada di wilayah dengan solusi permanen yang dikerjakan adalah mengelola wilayah dengan perusahaan-perusahaan yang terlibat mengelola lahan yang terbesar di wilayah ini.

 

Konsep terintegrasi dibuat maka harus dipedomani. Lebih lanjut Pangdam juga mengatakan untuk Wilayah Provinsi Jambi ini sangat luar biasa karena langsung di paparkan dengan penjelasan yang masuk akal dan ini akan kami kejar juga untuk wilayah Palembang.

 

"Harus paparan mana konsep mereka, dengan skema yang masuk akal dan jelas, agar kami rekomendasikan untuk dibawa ke tingkat atas terkait biaya juga anggaran," kata Mayjen TNI Hilman Hadi.

 

Sementara itu, Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, juga telah mengikuti pelaksanaan apel Siaga Darurat Penanganan Bencana Kekeringan dan Karhutla di Provinsi Jambi Tahun 2023

 

Dalam kegiatan apel yang dilaksanakan di Lapangan Korem 042/Gapu Senin, 8 Mei 2023 itu, Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono melalui Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia prianto mengatakan bahwa Polda Jambi setelah menyiapkan personel untuk melakukan patroli dan siaga melakukan pencegahan terhadap karhutla.

 

"Polri tentunya bersinergitas bersama TNI, Pemerintah dan instansi terkait lainnya untuk terus siaga dan waspada apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan, seluruhnya berupaya mengantisipasi potensi dan pemicu apapun agar meminimalisir luasan dan dampaknya," ucap Kabid Humas Polda Jambi.

 

Apek ini dipimpin langsung oleh Gubernur Jambi Al Haris untuk persiapan dan antisipasi terjadinya Karhutla di Provinsi Jambi.

 

"Musim yang semakin sulit diprediksi merupakan tantangan yang harus senantiasa kita hadapi dengan terus meningkatkan kesiapsiagaan. Saya harap dan minta Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan ini dapat bekerja maksimal, efektif, dan efisien, dan fokus pada upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat secara persuasif dengan melibatkan semua pihak," ucap Al Haris saat apel. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: