Simpang Susun Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi Lokasinya Diperkirakan di Sungai Lilin

Simpang Susun Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi Lokasinya Diperkirakan di Sungai Lilin

Jalan Tol Trans Sumatera-Foto: Dok Hutama Karya-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Jalan bebas hambatan Betung-Tempino-Jambi sebentar lagi bakal dimulai pengerjaannya.

Panjang tol Betung- Tempino - Jambi keseluruhannya 169 km akan dibangun menjadi 4 seksi meliputi Seksi Betung - Tungkal Jaya (61,55 km), Tungkal Jaya - Bayung Lencir (55,73 km), Bayung Lencir - Tempino (33,05 km), dan Tempino - Sp Ness (18,97 km).

Untuk tahap pertama pengerjaannya akan dimulai dari seksi 3 antara Bayung Lencir-Tempino sejauh 33,05 km.

Jalan tol ini juga akan ditunjang sejumlah fasilitas diantaranya seperti, 1 (satu) simpang susun.

Selain itu serta dirancang dengan jumlah lajur 2x2 dengan maksimal kecepatan rencana 80 km/jam.


Jalan tol trans sumatera--

Lebih rinci, status pengadaan lahan jalan tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 3 sudah selesai 96% sementara 4% lainnya dalam proses pembayaran.

Untuk simpang susunnya nanti diperkirakan berada diwilayah Desa Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin. 

Apa itu simpang susun? dikutip dari wikipedia simpang susun (bahasa Inggris: interchange) adalah persimpangan jalan tidak sebidang di mana kendaraan dapat melakukan perpindahan dari satu jalan ke jalan lainnya tanpa harus berhenti terlebih dahulu (karena tidak ada lampu lalu lintas).

Seperti di Cawang interchange Jakarta. Merupakan persimpangan yang biasanya diterapkan pada jalan bebas hambatan di mana konflik silang dihindari.

Sementara itu, Hutama Karya ditugaskan untuk menggarap sub bagian dari jalan tol seksi Bayung Lencir - Tempino dengan panjang ruas 15,4 km.

Hal ini juga merupakan wujud komitmen Hutama Karya dalam pemerataan infrastruktur yang sejalan dengan visi Pemerintah Indonesia khususnya wilayah Jambi.

Adapun lingkup pekerjaan KSO HK-Wika-Brantas dalam proyek jalan tol ini meliputi Pekerjaan galian dan timbunan, pekerjaan struktur (interchange, overpass, box culvert), pekerjaan pile slab, dan perkerasan jalan.

Jalan Tol Bayung - Lencir ini juga memiliki berbagai manfaat seperti mempermudah aliran barang dan jasa untuk mempercepat perputaran roda ekonomi daerah, membuka konektivitas antar daerah Jambi ke Palembang hingga Lampung menjadi semakin cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: