Masuk Musin Kemarau, Seluruh Stake Holder Dihimbau Siaga Karhutla

Masuk Musin Kemarau, Seluruh Stake Holder Dihimbau Siaga Karhutla

CEK PASUKAN: Bupati dan wakil bupati Bungo serta Dandim Bute mengecek personil dan peralatan tim satgas Bencana Karhutlah--

MUARA BUNGO, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Bungo menghimbau kepada seluruh stake holder untuk siap siaga dalam menghadapi musim kemarau dengan mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla.

"Kepada anggota satgas siaga darurat pencegahan dan pengendalian Karhutla Kabupaten Bungo dan semua kita agar siaga menghadapi bencana Karhutla di musim kemarau ini," ungkap Wakil Bupati Bungo H. Safarudin Dwi Apriyanto saat memimpil Apel Kesiapsiagaan dan PeralatanKarhutla, Jumat (19/05/2023) di lapangan kantor bupati Bungo.

Kata Wabup, Apri, sapaan Safrudin Dwi Aprianto, langkah starategis untuk mewujudkan sinergitas antar stake holder terkait dalam penanggulangan bencana perlu dilakukan.

"Kita harus tau kekuatan personil, kesiapan saranan dan prasarana, memastikan agar penanggulangan bencana dilaksanakan secara terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh guna memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman, risiko, dan dampak bencana kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Bungo," papar Apri.

Selain itu lanjut Apri, Apel ini juga merupakan langkah antisipasi buat semau, karena perkiraan dari BMKG sekarang sudah masuk musim kemarau dan puncaknya diperkirakan bulan Juli, seraya menunggu update info terbau dari pihak berwenang.

"Kita berharap bagi anggota termasuk masyarakat, pemerintah daerah sampai ke level pemerintah Dldusun, dan juga TNI, Polri untuk semuanya bersiap siaga. Kami juga meminta masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar. Mudah-mudahan kita punya langkah antisipatif yang kuat menghadapi ancaman Karhutla tahun 2023 ini," pungkasnya.

Apel kesiap siagaan Bencana Karhutla ini juga diikuti Bupati Bungo H. Mashuri, TNI, Polri, Kejaksaan, Pengadilan, Camat, Asisten, Staf Ahil Bupati, PMI, Manggala Agni dan lain-lain. Sebelum dimulai pimpinan Apel dan bupati melakukan pengecekan kesiapan personil dan perlatan pasukan.(aes)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: