Uji Aktivas Sintesis Senyawa Zink (II) Dimetil Ditiokarbamat

Uji Aktivas Sintesis Senyawa Zink (II) Dimetil Ditiokarbamat

Pira Pitriana Dewi--

Terhadap Bakteri Salmonella Typhi dan Fungi Candida Albicans  

Oleh : Pira Pitriana Dewi. Bapak Mukhlis Sanuddin, M.Sc dan bapak Medi Andriani, M.Pharm. Sci dari program studi farmasi STIKes Harapan Ibu Jambi

JAMBIEKSPRES.CO.ID- Salmonella typhi merupakan bakteri yang menyebabkan terjadinya demam tifoid.

Demam tifoid adalah suatu penyakit infeksi dan suatu penyakit endemis yang menjadi masalah kesehatan. Salmonella typhi bisa menyebabkan gastroenteritis (keracunan makanan) dan septicemia.

Salmonella typhi (S. typhi) disebut Salmonella choleraesuis serovar typhi, Salmonella serovar typhi, Salmonella enterica serovar typhi.

Candida albicans merupakan jamur oportunistik pada keadaan tertentu dapat menjadi patogen di rongga mulut dan bisa menyebabkan kandisiasis oral. Candida albicans adalah salah satu jamur yang paling banyak di rongga mulut sebagai flora normal. 

Dari hasil yang dilakukan di Laboratorium Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi bisa disimpulkan bahwa senyawa Zink (II) Dimetil Ditiokarbamat mempunyai aktivitas sebagai antibakteri pada bakteri Salmonella thypi dengan daya hambat 11,4 (kuat) pada konsentrasi 60 ppm, daya hambat 13,6 (kuat) pada konsentrasi 70 ppm, daya hambat 14,9 (kuat) pada konsentrasi 80 ppm dan fungi Candida albicans pada konsentrasi 60, 70, 80 ppm tidak terdapat zona bening, sehingga tidak memiliki aktivitas sebagai antifungi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: