Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi Dibagi Empat Seksi, Empat Desa Jadi Lokasi Gerbang Tol Jambi

Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi Dibagi Empat Seksi, Empat Desa Jadi Lokasi Gerbang Tol Jambi

Jalan Tol Trans Sumatera-Foto: Dok Hutama Karya-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Jalan tol Betung - Tempino - Jambi dengan panjang keseluruhan yakni 169 km, nantinya dibangun secara bertahap dan dibagi menjadi 4 (empat) seksi.

Empat seksi tersebut yakni, Seksi Betung - Tungkal Jaya (61,55 km), Tungkal Jaya - Bayung Lencir (55,73 km), Bayung Lencir - Tempino (33,05 km), dan Tempino - Sp Ness (18,97 km).

Hutama Karya ditugaskan untuk menggarap sub bagian dari jalan tol seksi Bayung Lencir - Tempino dengan panjang ruas 15,4 km. Hal ini juga merupakan wujud komitmen Hutama Karya dalam pemerataan infrastruktur yang sejalan dengan visi Pemerintah Indonesia khususnya wilayah Jambi.

BACA JUGA:ASYIKNYA! Harga BBM Turun Lagi 550-800, Ayo Cek Harga Baru Pertalite-Pertamax di SPBU 18 Mei 2023

Adapun lingkup pekerjaan KSO HK-Wika-Brantas dalam proyek jalan tol ini meliputi Pekerjaan galian dan timbunan, pekerjaan struktur (interchange, overpass, box culvert), pekerjaan pile slab, dan perkerasan jalan.

Lebih rinci, jalan tol ini juga akan ditunjang sejumlah fasilitas diantaranya seperti, 1 (satu) simpang susun, serta dirancang dengan jumlah lajur 2x2 dengan maksimal kecepatan rencana 80 km/jam. Lebih rinci, status pengadaan lahan jalan tol Bayung - Lencir Seksi 3 sudah selesai 96% sementara 4% lainnya dalam proses pembayaran.

Jalan Tol Bayung - Lencir ini juga memiliki berbagai manfaat seperti mempermudah aliran barang dan jasa untuk mempercepat perputaran roda ekonomi daerah, membuka konektivitas antar daerah Jambi ke Palembang hingga Lampung menjadi semakin cepat, memberikan pemerataan kesejahteraan dan ekonomi daerah.

Hingga diharapkan mampu meningkatkan sektor pariwisata, serta memberi pengaruh positif pada pengembangan ekonomi daerah, meningkatkan pemerataan hasil pembangunan, dan memperlancar lalu lintas di daerah yang telah berkembang.

Sementara itu, jika  Tol Jambi-Betung dan tol Jambi-Rengat  rampung akan ada empat desa yang ketiban rejeki jadi lokasi gerbang tol atau exit tol di Provinsi Jambi.

Tentu saja wilayah yang akan jadi lokasi gerbang tol ini akan ikut merasakan dampak langsung pembangunan proyek Jalan Tol Trans Sumatera.

Kehadiran gerbang tol akan memunculkan sentra ekonomi baru di Provinsi Jambi. Karena apa? Karena lokasi gerbang tol akan ikut berdampak secara ekonomi bagi masyarakat di sekitarnya, mulai dari UMKM, kuliner, pariwisata hingga jasa.

Mengutip data dari Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah Jambi, empat desa yang akan menjadi lokasi gerbang tol atau pintu exit tol di Provinsi Jambi itu tersebar di ruas jalan tol Jambi-Betung dan jalan tol Jambi-Rengat.

Pada ruas jalan tol Jambi-Betung, gerbang tol akan ada di daerah Sebapo Kecamatan Tempino. Kedua ada di Simpang Nes tak jauh dari perumahan CitraRaya City Jambi yaitu di Kecamatan Jambi Luar Kabupaten Muaro Jambi.

Sementara di ruas jalan tol Jambi-Rengat, gerbang tol akan berdiri di Desa Gerunggung yang ada di sekitar pusat perkantoran Muaro Jambi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: