Kalau Tol Rengat-Solok Selatan Terwujud, Orang Riau Bisa Weekend di Kebun Teh Kerinci Jambi 7 Jam Sampai

Kalau Tol Rengat-Solok Selatan Terwujud, Orang Riau Bisa Weekend di Kebun Teh Kerinci Jambi 7 Jam Sampai

Pemerintah Sumbar sedang mengusulkan pembangunan sirip jalan Tol Riau di Solok Selatan yang dekat dengan Gunung Kerinci-Foto: Dok HK & IG @jelajahkerinci-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Jika terwujud perjuangan Kabupaten Solok Selatan menjadi sirip jalan Tol Riau menembus Tol Pekanbaru-Rengat, pasti akan membawa dampak besar terhadap perekonomian masyarakat Solok Selatan dan dunia pariwisata di Kabupaten tetangganya seperti Kabupaten Kerinci Jambi.

 

Jika tol Rengat-Solok Selatan disetujui pemerintah pusat, akan sangat mudah bagi orang Riau berlibur atau sekedar melepas lelah saat weekend di Kabupaten Kerinci Jambi, daerah yang terkenal dengan kebun teh terluas nomor dua dunia, terhampar di bawah kaki gunung tertinggi di Sumatera, Gunung Kerinci.

 

Warga Riau yang selalu dikelilingi cuaca panas, akan sangat menyukai Kerinci Jambi sebagai tempat mereka berlibur, pulangnya pun bisa membawa serta oleh-oleh Teh Kayu Aro yang baru keluar dari pabrik dan membawa pulang buah markisah segar dari Solok Selatan.

 

Kabupaten Solok Selatan termasuk daerah yang disebut-sebut getol mengusulkan agar Tol Riau bisa membuka siripnya hingga ke Solok Selatan.

 

Usulan dan keinginan ini diklaim telah pula diusulkan dalam proyek strategis nasional di Bappenas RI.

 

Solok Selatan mengusulkan sebagai daerah penutup sirip Tol Riau dengan rute Pekanbaru-Rengat-Dharmasraya-Solok Selatan.

 

“Jika ini terwujud, akan membuat Kabupaten Solok Selatan cepat berkembang dan maju,” ujar Bupati Solok Selatan, Khairunnas seperti dikutip jambiekspres.co.id dari padeks.co

 

Tol ini kata Khairunnas akan menjadi jalan tembus strategis yang akan menghubungkan Solok Selatan dengan 5 Kabupaten tetangganya, yaitu Kabupaten Kerinci, Kota Sungai, Dharmasraya, Muaro Bungo, Kabupaten Kerinci, Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Pesisir Selatan.

 

Koneksi jalan tol ini katanya membuat hasil bumi Solok Selatan bisa menjangkau banyak daerah bahkan menembus provinsi lain di sekitarnya.

 

Simulasi Perjalanan dari Kota Pekanbaru ke Kebun Teh Kayu Aro di bawah Kaki Gunung Kerinci Jambi:

1. Tol Pekanbaru-Rengat 175 kilometer : 2 Jam Perjalanan

2. Tol Rengat - Dhamasraya 100-120 kilometer: 1,5 s.d 2 Jam Perjalanan

3. Tol Dhamasraya - Solok Selatan 80-100 kilometer: 1 s.d 1,5 Jam Perjalanan

4. Jalan Lintas Solok Selatan - ke Kebun Teh Kayu Aro Kerinci 76 kilometer : 2 Jam Perjalanan

 

Estimasinya, jika warga Riau hari Sabtu pukul 9:00 pagi memulai perjalanan naik tol dengan kecepatan 80 kilometer per jam dari Kota Pekanbaru, maka pukul 14:00 siang sudah sampai di Solok Selatan.

 

Melanjutkan perjalanan via jalan lintas menuju Kayu Aro Kerinci Jambi sekitar 2 jam, maka pukul 16:00 sore Sabtu, sekitar 7 hingga 8 jam setelahnya, warga Riau sudah bisa berdiri di hamparan kebun teh Kayu Aro Kerinci dan berisitirahat menginap di banyak hotel dan villa yang tersedia di sekitar kebun teh kaki Gunung Kerinci.

 

BACA JUGA:Warga Kampar Siap-siap Cek Rekening, Ganti Untung Tanah Tol Pekanbaru-Rengat di 4 Desa Diproses 28 Minggu

 

Tentu saja ini bukan mimpi, jika perjuangan Pemerintah Provinsi Sumbar, Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Dharmasraya bisa diwujudkan oleh Kementerian PUPR.

 

Terlebih Solok Selatan tak sendiri, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya juga telah melakukan upaya yang sama.

 

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya telah mengirim surat secara resmi kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terkait keinginan ini.

 

Isi surat usulan itu adalah meminta pemerintah pusat bisa membangun feeder tol atau sirip jalan tol dari Dharmasraya hingga ke Rengat Provinsi Riau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: