Wujudkan Kampus BERSINAR, UNJA Laksanakan Tes Urine Bagi 214 Pimpinan Kampus

Wujudkan Kampus BERSINAR, UNJA Laksanakan Tes Urine Bagi 214 Pimpinan Kampus

Wujudkan Kampus BERSINAR, UNJA Laksanakan Tes Urine Bagi 214 Pimpinan Kampus--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan kegiatan “Tes Urine Bagi Seluruh Pimpinan Universitas Jambi” yang berlangsung di Gedung Balairung Pinang Masak UNJA Mendalo pada hari Selasa, 2 Mei 2023. Kegiatan tersebut didukung oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jambi.

Peserta yang mengikuti kegiatan merupakan 214 orang pimpinan yang ada di seluruh lingkungan UNJA mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Kepala Biro, Kepala UPT, Kepala dan Sekretaris Lembaga, Dekan dan Wakil Dekan, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana, Ketua dan Sekretaris Jurusan, Ketua dan Sekretaris Prodi, Kabag dan Kasubbag, serta seluruh unsur pimpinan lainnya.

Kegiatan tes urine tersebut diinisiasi oleh Tim Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) UNJA yang didasarkan pada 3 dasar hukum, yaitu: Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Tahun 2020-2024, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 38 Tahun 2019 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Surat Keputusan Satuan Tugas Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Universitas Jambi Tahun 2023-2024.

Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan tujuan pelaksanaan tes urine tersebut dan berharap UNJA bisa bebas dari narkoba. “Kami sampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan aspek pelayanan kita dan membangun zona integritas kampus bebas narkoba, maka hari ini kita melaksanakan tes urine pada hari ini. Kegiatan seperti ini bagi mahasiswa baru sudah 100% sukses dilaksanakan sebelumnya. Mari kita sukseskan juga kegiatan tes urine pada hari ini. Kampus UNJA diharapkan bebas narkoba, yang mana salah satu permasalahan luar biasa bagi kita bersama dalam memberantas narkoba di lingkungan kampus,” ujar Rektor.

Ketua Satgas P4GN UNJA yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc., menyampaikan laporan kegiatan tes urine bagi 214 pimpinan di UNJA. “Perlu kami laporkan bahwa kegiatan ini adalah implementasi Satgas P4GN yang diikuti 214 orang pimpinan di seluruh lingkup UNJA. Ini adalah bagian dari upaya kita bersih-bersih untuk menjadikan Kampus BERSINAR,” tutur Dr. Teja.

Kepala BNNP Jambi yang diwakili Kabid Pemberantasan BNNP Jambi, Kombes Pol Agus Setiawan, S.S.T., M.K., S.H., mengapresiasi UNJA dalam penyelenggaraan tes urine yang dilakukan. “Saya sebagai Kabid Pemberantasan BNNP Jambi menyampaikan rasa hormat dan penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap jajaran UNJA dalam rangka berperang melawan narkoba pada hari ini. Kita ingin memberi contoh pada lingkungan di kampus dan menitipkan pesan untuk lingkungan sekitar kita terhadap bahayanya narkoba. Mari kita sama-sama menunjukkan bahwa kita siap berperang melawan narkoba. Kita buktikan kepada masyarakat bahwa UNJA bebas terhadap penyalahgunaan dan penggunaan narkoba,” ungkap Agus Setiawan.

Tim Satgas P4GN UNJA sebelumnya sudah aktif melaksanakan sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika di 7 Fakultas dan Pascasarjana yang ada di Universitas Jambi. Mulai dari pemasangan spanduk dan banner P4GN hingga deklarasi UNJA sebagai Kampus “Bersih Narkoba (BERSINAR)” dengan mengadakan sosialisasi dan workshop tentang P4GN. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: