Berikut 9 Ikon Khas Jalan Tol Trans Sumatera, Apa Saja? Berikut Ulasannya

Berikut 9 Ikon Khas Jalan Tol Trans Sumatera, Apa Saja? Berikut Ulasannya

jalan Tol Trans Sumatera (JTTS)--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Jalan Tol Trans Sumatera yang akan tersambung dari Provinsi Lampung hingga Aceh.

Jalan tol ini untuk mendukung kelancaran konektivitas bagi masyarakat di Pulau Sumatera saat ini telah beroperasi sepanjang 738,46 Km yang terdiri dari 12 ruas. 

Dengan beroperasinya ke-12 Jalan Tol Trans Sumatera tersebut tentunya memiliki peran penting mendukung kelancaran pelaksanaan arus mudik lebaran 2023 dan kemudahan waktu tempuh berkendara menuju kampung halaman yang dimulai dari Bakauheni - Terbanggi Besar (140,41 Km), Terbanggi Besar - Kayu Agung (189,40 Km), Kayu Agung - Palembang - Betung (37,62 Km)

Kemudian Belawan - Medan - Tanjung Morawa 42,70 Km, Medan - Binjai (17,67 Km), Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi (62,11 Km), Palembang - Indralaya 21,58 Km, (Sigli - Banda Aceh 35,87 Km) serta  Pekanbaru - Dumai (131,69 Km), Binjai - Stabat (11,80 Km), Bengkulu - Taba Penanjung (16,73 Km), dan Pekanbaru - Bangkinang (30,89 Km). 

Masing-masing Jalan Tol tersebut memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi ikon menemani perjalanan mudik mulai dari Jalan Tolnya, Bangunan Pendukung, Jembatan Penghubung, Rest Area, hingga Inovasi Jalan Tol seperti yang ada di ruas tol Trans Sumatera yakni sebagai berikut :

1. Pelabuhan Bakauheni

Pelabuhan penyeberangan kapal untuk mengangkut kendaraan yang akan melakukan penyeberangan dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera ataupun sebaliknya yang terletak di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan.

2. Menara Siger

Setelah keluar dari Pelabuhan Bakauheni, pengendara bisa langsung melihat ikon Menara Siger bangunan berbentuk mahkota berwarna kuning keemasan merah yang menjadi salah satu ikon kota Lampung yang terletak di Bukit Gamping.

3. Jalan Tol Terbanggi Besar - Kayu Agung

Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung sepanjang 189 Km merupakan Jalan Tol terpanjang bagian Jalan Tol Trans Sumatera tersambung dengan Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar dan Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung.

Sehingga Jalan Tol ini memiliki peran penting dalam meningkatkan konektivitas antara provinsi Lampung dengan provinsi Sumatera Selatan.

4. TIP Km 215 Jalan Tol Terbanggi Besar - Kayu Agung

Merupakan TIP (rest area) dengan bangunan ikonik berada di Jalan Tol Terbanggi Besar - Kayu Agung yang didalamnya 80 persen didominasi oleh UMKM sedangkan, 20 persen atau jumlahnya sebanyak 12 penyewa diisi oleh non-UMKM serta dielengkapi dengan fasilitas rest area pendukungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: