SIAP-SIAP! Besok Harga BBM Berubah Lagi, Cek Dulu Harga Pertamax-Pertalite di SPBU 30 April 2023

SIAP-SIAP! Besok Harga BBM Berubah Lagi, Cek Dulu Harga Pertamax-Pertalite di SPBU 30 April 2023

Petugas SPBU melayani pembeli BBM-Pertamina.com-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Siap-siap harga Bahan Bakar Minyak (BBM) kembali berubah pada 1 Mei 2023.

Diprediksikan harga BBM yang berkemungkinan besar diumumkan nanti malam mulai 1 Mei 2023 bakal mengalami penurunan.

Penyebabnya antara lain, harga minyak dunia saat ini mengalami penurunan serta nilai rupiah terhadap dollar sudah dibawah Rp 15.000.

Untuk diketahui  dikutip dari instagram milik Pertamina berikut faktor penyebab harga bbm non subsidi berubah-ubah antara lain: Harga minyak mentah, Nilai tukar rupiah, Biaya mengangkut minyak mentah, Biaya pengolahan/kilang, Biaya penyimpanan BBM, Biaya distribusi, Tarif pajak PPN, Pajak bahan bakar kendaraan bermotor  (PBBKB) yang ditentukan pemda besarannya 5-10 persen dan Margin badan usaha (maks 10 persen dari harga dasar)

"Harga BBM pertamina mempertimbangkan berbagai aspek diantaranya minyak mentah, publikasi MOPS, kurs, agar tetap dapat menjamin keberlangsungan penyedia dan penyaluran BBM hingga ke seluruh pelosok tanah air, "ujar Irto  Ginting, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga.

Sementara itu, Basuki Trikora Putra, Anggota BPH Migas mengatakan, ada banyak variabel yang menentukan harga BBM, termasuk BBM non subsidi atau non publik service obligation.

"Diantaranya harga minyak dunia rata-rata harga publikasi (MOPS) yang terbit setiap hari untuk jangka waktu/periode tertentu,"jelasnya.

Untuk diketahui, MOPS (mean of platts Singapore) adalah penilaian produk untuk trading minyak dikawasan asia yang dibuat oleh platts, anak perusahaan McGraw Hill. Istilah MOPS selama ini dikenal di Indonesia dengan Mid Oil Platts Singapore yang dijadikan patokan harga BBM di Indonesia berdasarkan perpres no 55  tahun 2005.

Perubahan harga BBM pada 1 Mei 2023 merupakan yang kelima pada tahun 2023. 

Perubahan pertama pada 3 Januari 2023, dimana waktu itu harga BBM se Indonesia mengalami penurunan harga. 

Perubahan kedua pada 1 Februari 2023, berbeda dengan perubahan pertama, pada perubahan kedua harga BBM se Indonesia mengalami kenaikan harga.

Pada perubahan ketiga 1 Maret 2023, harga BBM se Indonesia ada yang naik dan turun.

Pada Perubahan keempat 1 April 2023, harga BBM se Indonesia kembali turun.

PT Pertamina Persero pada perubahan harga BBM mulai 1 April 2023 menurunkan 3 jenis BBM yakni, Pertamina Dex (Pertadex), Dexlite dan Pertamax Turbo atau RON 98. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: