Agar Pemudik Terhindar Macet Horor 4.000 Truk Batu Bara di Jambi, Sebaiknya Lakukan Hal ini

Agar Pemudik Terhindar Macet Horor 4.000 Truk Batu Bara di Jambi,  Sebaiknya Lakukan Hal ini

Antrian angkutan batu bara di mulut tambang Kabupaten Batanghari.-Foto: Dona/Jambi Ekspres-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pemudik harus menghindari potensi macet horor di Provinsi Jambi karena mulai tanggal 2 Mei 2023 ruas jalan nasional di Jambi akan mulai dilalui 4.000 angkutan truk batu bara.

 

Dirlantas Polda Jambi, Kombes Pol Dhafi mengatakan, tambang batu bara yang akan kembali aktif operasi membuat ruas jalan nasional yang biasa digunakan angkutan batu bara Jambi menuju ke Pelabuhan akan mulai dilewati truk-truk ini.

 

Jika ada pemudik yang masih akan kembali ke perantauan melewati Provinsi Jambi pada jadwal tersebut, harus waspada dan antisipasi Jadwal Keberangkatan agar tidak terjebak macet horor.

 

Angkutan batu bara ini biasanya mulai menumpuk di jalan menuju lokasi tambang sekitar pukul 18:00.

 

Truk-truk ini akan parkir di bahu jalan dan akan ditemukan di Kabupaten Batanghari, Kabupaten Tebo dan Kabupaten Sarolangun.

 

BACA JUGA:Belum Habis Rendang Lebaran, KPK Sudah Periksa Tiga Orang Lagi Terkait Kasus Suap Ketok Palu RAPBD Jambi

BACA JUGA:BBM TURUN! Terbaru Ini Daftar Harga BBM Tiap Provinsi di Indonesia, Cek Harga Pertamax-Pertalite 29 April 2023

 

Agar terhindar dari tumpukan angkutan ini, pemudik sebaiknya mengatur perjalanan agar sebelum pukul 17:00 sudah melewati Kabupaten Batanghari (Tembesi-Bulian), Kabupaten Sarolangun dan Kabupaten Tebo.

 

Jika anda adalah pengendara dari arah Dharmasraya-Bungo dan dari arah Bangko/Lubuk Linggau-Sarolangun menuju Kota Jambi, mulailah perjalanan lebih awal agar sore sudah sampai di Kota Jambi.

 

Sebaliknya, jika anda adalah pengendara yang hendak melakukan perjalanan dari Kota Jambi-Bungo-Dharmasraya atau Kota Jambi-Sarolangun-Lubuk Linggau/Bangko, sebaiknya memulai perjalanan sejak pagi atau siang dari Kota Jambi.

 

Khusus bagi pemudik dari Pekanbaru, Medan, Aceh yang melewati jalur Lintas Timur via Indragiri Riau-Merlung, sebaiknya juga mengatur jadwal masuk ke Kota Jambi sebelum pukul 17:00 atau 18:00 sore.

 

Hal ini guna menghindari kemacetan di jalan lintas dalam Kota Jambi yang dilalui truk batu bara menuju Pelabuhan Talang Duku.

 

BACA JUGA:Lina Mukherjee Ungkap 3 Alasannya Batal ke Palembang Gegara Makan Kulit Babi

 

Berikut jalan nasional yang biasa dilewati angkutan batu bara Provinsi Jambi

1. Simpang Tembesi Batanghari - Simpang Niam Tebo - Muara Bungo sepanjang 167,8 km.

2. Sarolangun - Bangko - Muara Bungo - Batas Prov. Sumatera Barat sepanjang 212,4 km

3. Sarolangun-Simpang Tembesi- Muara Bulian-Kota Jambi-Pelabuhan Talang Duku sepanjang 223,3 km.

 

Sekedar informasi jalan nasional di Provinsi Jambi sepanjang 1.318,9 km dan dilalui oleh angkutan batubara sepanjang 603,4 km

 

Sebagai tambahan, siapkan juga stok makanan dan minuman di dalam kendaraan guna mengatasi sesuatu hal yang tak diinginkan selama perjalanan.

 

Tetap jaga kesehatan dan berkendaralah dalam keadaan fit, agar dalam situasi apapun fisik tetap dalam kondisi stabil. (dpc/raf)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: