Semarak Idul Fitri 1444 H, Pemkot Jambi Gelar Festival Takbir Keliling

Semarak Idul Fitri 1444 H, Pemkot Jambi Gelar Festival Takbir Keliling

Ribuan Warga Salat Ied di Balaikota, Momentum Kebersamaan Pemkot Jambi Bersama Masyarakat di Hari Kemenangan--

Ribuan Warga Salat Ied di Balaikota, Momentum Kebersamaan Pemkot Jambi Bersama Masyarakat di Hari Kemenangan

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Semarak hari raya Idul Fitri 1444 H atau tahun 2023 bagi umat muslim, dirayakan dengan penuh suka cita oleh jajaran Pemerintah Kota Jambi bersama masyarakat Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya sejak kepemimpinan Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha, momentum hari kemenangan di Kota Jambi senantiasa dilaksanakan dengan nuansa penuh suka cita, semarak dan penuh keceriaan.

Rangkaian perayaan semarak Idul Fitri Kota Jambi dimulai dengan dilaksanakannya Festival Takbir Keliling dan Kendaraan Hias Kota Jambi, mengawali bulan Syawal 1444 H (21/4). Mengambil posisi start dan finish di "landmark" Kota Jambi, kawasan Tugu Keris Siginjai Taman Pedesterian Jomblo Kotabaru, Festival Takbir Keliling dan Kendaraan Hias Kota Jambi diikuti oleh puluhan kendaraan hias yang berasal dari berbagai RT, Kelurahan, Kecamatan, Instansi OPD Pemkot, BUMN, BUMD, komunitas masyarakat.

Setelah 3 tahun terhenti akibat wabah Covid-19, acara ini begitu antusias diikuti oleh masyarakat Kota Jambi. Suasana malam Kota Jambi tampak semarak, berwarna kelap kelip lampu hias dan ditambah lagi dengan keunikan berbagai dekorasi kendaraan hias, tampil dengan apik dan mampu memukau masyarakat yang memadati kawasan Tugu Keris Siginjai dan sepanjang jalan protokol yang menjadi rute karnaval tersebut.

Iringan pawai dilepas secara langsung oleh Wali Kota Fasha bersama Wawako Maulana. Turut hadir pada acara tersebut, Sekda A. Ridwan, dan jajaran Forkompimda Kota Jambi.

Dalam sambutannya, Wali Kota Fasha mengungkapkan bahwa festival tersebut dimulai tahun ini dan akan kembali diteruskan dimasa mendatang, bertujuan untuk lebih menyemarakkan perayaan malam Idul Fitri di Kota Jambi, selain bertujuan untuk memusatkan arus mobilisasi masyarakat disatu titik pada malam takbiran.

"Sebelum Covid, carnaval takbir keliling mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Karena Covid sudah mereda, acara ini kita mulai kembali. Semoga acara ini diteruskan dimasa mendatang dan menjadi kalender event wisata nasional di Kota Jambi pada malam Idul Fitri," ujarnya.

Keesokannya (22/4), Pemerintah Kota Jambi menggelar Salat Ied Idul Fitri, bertempat di Lapangan Utama Kantor Wali Kota Jambi. Sedari fajar, ribuan masyarakat mulai memadati lapangan tempat pelaksanaan shalat berjamaah yang diimami oleh H.M. Sulhi Daud, Lc., M.A. dan bertindak sebagai Khatib : Dr. H. Abdul Gaffar, M.A. 

Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha dalam sambutannya yang didampingi oleh Wawako Maulana, mengajak seluruh masyarakat Kota Jambi untuk senantiasa mensyukuri nikmat Allah yang telah diberi kepada masyarakat Kota Jambi, karena Kota Jambi senantiasa menjadi daerah yang kondusif dan berkemajuan.

"Ini adalah salat ied terakhir kami sebagai Wali Kota Jambi karena tahun ini kami berdua akan pensiun sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Semoga masyarakat Kota Jambi senantiasa menjaga persatuan dan kemajuan pembangunan di Kota Jambi, serta mensyukuri berbagai nikmat yang diberikan Allah untuk Kota Jambi," ajak Wali Kota Fasha.

Dalam rangkaian salat Ied, turut pula diumumkan pemenang kendaraan Festival Takbir Keliling Kota Jambi 1444 H. Adapun yang menjadi juara 1 Kecamatan Jambi Timur, Juara 2 Kecamatan Danau Teluk Juara 3 Kecamatan Jelutung, dan Juara Favorit Koja_CC. (hfz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: