Punya Tetangga PNS yang Kaya Mendadak, Apakah itu Pelaku Pencucian Uang? Ini Penjelasan OJK

Punya Tetangga PNS yang Kaya Mendadak, Apakah itu Pelaku Pencucian Uang? Ini Penjelasan OJK

Hindari kejahatan pencucian uang-Foto: Dok OJK-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID -  Jika anda punya tetangga, saudara maupun teman yang bekerja sebagai PNS namun hidupnya mendadak jadi kaya, jadi orang kaya baru, apakah itu pelaku pencucian uang? 

 

Pelajari dulu apa itu pencucian uang. Mengutip dari Tips Keuangan yang dirilis OJK, istilah pencucian uang atau money laundering ternyata muncul pertama kali pada tahun 1920 dan itu lahir di Amerika Serikat. 

 

Pada waktu itu para mafia di Amerika Serikat memperoleh uang dari hasil kejahatan seperti pemerasan, prostitusi, perjudian, dan penjualan minuman beralkohol ilegal serta perdagangan narkotika. 

 

Para mafia ini kemudian membeli perusahaan yang sah dan resmi sebagai salah satu strateginya dengan menggabungkan uang haram hasil kejahatan tersebut dengan uang yang diperoleh secara sah dari kegiatan usaha untuk menutupi sumber dananya agar seolah-olah berasal dari sumber yang sah. 

 

Investasi terbesar para mafia ini adalah perusahaan pencucian pakaian yakni Laundromats yang waktu itu terkenal di Amerika Serikat. 

 

Usaha pencucian ini kemudian semakin maju dan berbagai uang hasil kejahatan yang diperoleh ditanamkan pada usaha pencucian pakaian ini. 

 

Pencucian uang secara sederhana merupakan upaya menyembunyikan atau menyamarkan uang atau dana yang diperoleh dari suatu aksi kejahatan atau hasil tindak pidana sehingga seolah-olah tampak menjadi harta kekayaan yang sah. 

 

Di Indonesia, tindak pidana ini diatur dalam UU No. 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang. 

 

Jika punya tetangga PNS yang kaya mendadak, mendadak punya banyak bisnis, mendadak bangun rumah gedongan punya ini dan itu,  coba pelajari dulu perbuatan-perbuatan yang menjadi tindak pidana pencucian uang, menurut UU No. 8/2010 adalah sebagai berikut:

 

1. Menempatkan, mentransfer, mengalihkan membelanjakan, membayarkan, menghibahkan, menitipkan, membawa ke luar negeri, mengubah bentuk, menukarkan dengan mata uang atau surat berharga atau perbuatan lain atas harta kekayaan yang diketahuinya atau patut diduganya merupakan hasil tindak pidana dengan tujuan menyembunyikan atau menyamarkan asal usul harta kekayaan.

 

2. Menyembunyikan atau menyamarkan asal usul, sumber, lokasi, peruntukan, pengalihan hak-hak, atau kepemilikan yang sebenarnya atas harta kekayaan yang diketahuinya atau patut diduganya merupakan hasil tindak pidana.

 

3. Menerima, menguasai penempatan, pentransferan, pembayaran, hibah, sumbangan, penitipan, penukaran, atau menggunakan harta kekayaan yang diketahuinya atau patut diduganya merupakan hasil tindak pidana.

 

Dalam prakteknya, kegiatan pencucian uang mencakup tiga langkah yang menjadi dasar operasional pencucian uang, yaitu :

 

Placement

Tindakan awal dari pencucian uang adalah placement atau penempatan uang, yakni proses masuknya uang tunai ke dalam sistem finansial. 

 

Pada tahapan ini, pergerakan uang sangat rawan untuk dideteksi, maka untuk menghindari terdeteksinya pola ini, cara yang biasa dilakukan adalah dengan memecah uang menjadi satuan yang lebih kecil agar tidak mudah dicurigai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: