Pengajuan KUR BNI Online Bisa Pinjam Hingga Rp50 Juta, Mantan TKI dan Korban PHK pun Boleh

Pengajuan KUR BNI Online Bisa Pinjam Hingga Rp50 Juta, Mantan TKI dan Korban PHK pun Boleh

UMKM Binaan BNI dalam Pameran Kriya Nusa. Badan usaha UMKM menjadi salah satu Kriteria Pemohon KUR BNI-Foto : Ist BNI-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Bank Negara Indonesia (BNI) sebagai salah satu agen penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang ditunjuk pemerintah, memberikan kemudahan bagi nasabah yang ingin mengajukan pinjaman KUR secara online praktis anti ribet. 

 

Dikutip dari laman resmi bni.co.id ditulis bahwa pengajuan KUR BNI yang anti ribet ini memungkinkan nasabah bisa memperoleh pinjaman maksimum di atas Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) sampai dengan Rp. 50.000.000 (lima puluh juta rupiah).

 

Bagaimana cara pengajuan online? Anda bisa masuk ke laman eform.bni.co.id lalu pilih Kredit Usaha Rakyat BNI atau masuk ke google lalu cari BNI eForm Kredit Usaha Rakyat. 

 

Apakah anda Sudah Nasabah BNI atau Belum Nasabah, tinggal pilih sesuai kondisinya. 

 

Kemudian bisa langsung mengisi e form yang tersedia, bisa melalui ponsel maupun laptop. 

 

Jika tak ingin mengisi sendiri, bisa juga mengajukan secara offline dengan mendatangi langsung kantor BNI terdekat. 

 

Kriteria Pemohon KUR BNI

 

Pemohon adalah individu atau perseorangan atau Badan Usaha.

 

Badan usaha yang dimaksud yaitu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. 

 

KUR BNI juga bisa untuk anggota keluarga dari karyawan / karyawati yang berpenghasilan tetap atau bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau TKI yang purna dari bekerja di luar negeri.

 

KUR BNI ini juga diperuntukkan bagi pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang melakukan usaha produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup

 

Adapun perijinan usaha yang ditetapkan, jika itu adalah usaha Individu/perseorangan atau Badan usaha perorangan, memiliki minimal Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) yang diterbitkan Pemerintah Daerah dan/atau surat keterangan usaha dari Kelurahan setempat atau surat izin lainnya.

 

Jika itu adalah Badan usaha diluar butir di atas, maka akan mengacu pada ketentuan BNI.

 

Jika anda adalah nasabah yang punya catatan pinjaman di bank lain sebelumnya, maka  Kualitas Kredit Bank yang disyaratkan harus berstatus Lancar.

 

Pengalaman Usaha Minimal 6 (enam) bulan dan Usia Pemohon, khusus untuk pemohon individu / perseorangan  Minimal berusia 21 (dua puluh satu) tahun atau belum berusia 21 (dua puluh satu) tahun tetapi sudah menikah.

 

Nasabah juga tidak sedang menerima kredit produktif dari Perbankan dan/atau tidak sedang menerima kredit program dari Pemerintah (kecuali KUR).

 

KUR BNI ini tidak mensyaratkan NPWP dan tidak mewajibkan jaminan tambahan. 

 

Jenis dan Biaya Pengajuan KUR BNI

 

Nasabah bisa mengajukan kredit sesuai jenis yang diinginkan, ada dua jenis kredit KUR BNI, pertama Kredit Modal Kerja dan kedua Kredit Investasi

 

KUR BNI ditujukan untuk  usaha produktif di sektor usaha pertanian, perikanan, industri pengolahan, perdagangan serta jasa-jasa yang diatur dalam ketentuan Pemerintah terkait KUR Mikro.

 

Suku Bunga Kredit Modal Kerja dengan Angsuran dan Kredit Investasi : maksimal sebesar 6% (enam persen) efektif anuitas per tahun. Jangka Waktu Kredit Modal Kerja Maksimal maksimal 3 (tiga) tahun sementara Kredit Investasi maksimal 5 (lima) tahun.

 

Berapa biaya yang harus disiapkan untuk mengajukan pinjaman ini? Propisi dan Service Fee tidak dikenakan, sementara Biaya Administrasi : Maksimal Rp. 150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah)

 

Tapi ingat, jika nanti pinjaman anda goal, maka angsuran harus lancar, jika tidak maka akan dikenakan denda tunggakan  sebesar 5 persen  per tahun dari saldo yang tertunggak. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: