Goodbye Indonesia, Ini Kata FIFA Soal Jadwal Terbaru dan Negara Pengganti Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Goodbye Indonesia, Ini Kata FIFA Soal Jadwal Terbaru dan Negara Pengganti Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Logo FIFA U-20 World Cup 2023 yang masih ada kata Indonesia--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Goodbye Indonesia, Presiden FIFA Gianni Infantino telah resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. 

 

Pengumuman pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah diupload secara resmi di website FIFA.com, setelah pertemuan FIFA dengan PSSI Rabu (29/3).

 

"Pasca pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk mencabut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023," tulis FIFA.

 

Event internasional ini sejatinya akan dilaksanakan pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang dan FIFA juga menulis bahwa perubahan tuan rumah tidak akan membuat  tanggal turnamen berubah dan semua akan sesuai rencana awal., 

 

Siapa yang akan menjadi tuan rumah pengganti Indonesia, FIFA akan mengumumkan dalam waktu dekat sesegera mungkin. 

 

Sanksi apa yang akan diterapkan untuk Indonesia? itu kata FIFA akan itu diputuskan di tahap berikutnya. 

 

“FIFA ingin menggaris bawahi, terlepas dari keputusan tersebut, tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Jokowi, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pasca tragedi yang terjadi pada Oktober 2022," tulis FIFA lagi. 

 

FIFA juga berjanji akan mengirim timnya untuk datang ke Indonesia dalam beberapa bulan ke depan guna memberi bantuan yang butuhkan PSSI dan jadwal pertemuan akan dibahas lebih lanjut dalam waktu dekat. 

 

Seperti kita ketahui Ketua Umum PSSI Erick Thohir telah bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar pada Rabu (29/3).

 

Pertemuan membahas serta polemik terkait keikutsertaan timnas Israel U-20, hal ini menyusul penolakan beberapa pihak terhadap timnas Israel bermain di Indonesia karena Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

 

BACA JUGA:Argentina Siap Jadi Tuan Rumah, PSSI Lagi Ngukur Resiko Pembatalan Piala Dunia U20 di Indonesia

 

Tak hanya organisasi dan masyarakat umum, penolakan juga datang dari pemerintah seperti Gubernur Bali I Wayan Koster yang menolak keras kedatangan Israel ke Bali jelang drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali.

 

FIFA pun menganggap penolakan tersebut sebagai bentuk kegagalan Indonesia dalam menjamin keamanan bagi negara peserta hingga akhirnya keluar keputusan Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Duna U-10 2023.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: