Tiga Bulan Belum Dibayar, Gaji Guru Lingkup Pemprov Jambi

Tiga Bulan Belum Dibayar, Gaji Guru Lingkup Pemprov Jambi

ilustrasi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Gaji para tenaga pendidik atau guru yang berstatus PNS maupun non PNS di unit kerja, lingkup Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi sudah hampir tiga bulan berjalan belum dibayarkan.

Sumber koran ini menceritakan jika kondisi seperti ini, maka bagaimana pendidikan mau maju?, Bagaimana mau membuat para guru semangat dalam mengajar?. 

“Tiga bulan tidak gajian, terlebih ini bulan puasa, belum lagi lebaran,” sesalnya.

Selain gaji, pihak sekolah pun mengaku, biaya operasional listrik, internet, UKK dan lain lain harus ngutang kesana kemari. “Intinya bagaimana pendidikan mau maju kalau gaji guru saja sudah 3 bulan gak dibayar,” sebutnya.

Menanggapi itu, Kepala Bidang (Kabid) GTK Disdik Provinsi Jambi Dr Ilham pun tak menampik bahwa sebagian guru belum menerima gaji selama dua bulan. “Iya, tapi belum 3 bulan, kan Maret belum habis," sampainya (27/3).

Menurut Ilham, lambatnya gaji para guru dibayar karena cukup memakan waktu seperti misalnya, harus memverifikasi 200 lebih usulan dari setiap sekolah se provinsi Jambi terkait dengan kebenaran jam mengajar mereka.

“Usulan setiap Kepala Sekolah itukan diverifikasi dulu oleh Disdik, betul mereka mengajar atau tidak. Insya Allah hari ini Surat Perintah Mencairkan (SPM) masuk ke Bakeuda, paling lambat, Kamis sudah masuk ke rekening masing-masing,” katanya.

Setelah itu, kata Ilham dalam minggu ini gaji selama dua bulan bagi para guru akan segera dicairkan ke rekening masing-masing. "Insya Allah dalam minggu ini cair, kalau Maret belum, kan belum habis bulannya, tapi InsyaAllah tanggal 10 Maret kita mulai verifikasi," akunya.

Terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi Fadli Sudria menanggapi terkait dengan gaji para guru sudah hampir tiga bulan belum dibayarkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi.

"Kemarin kita sudah panggil Kabid GTK, minta semua honor para Guru, sebelum lebaran ini, semua dibayarkan," katanya saat di Gedung DPRD Provinsi Jambi, Senin (27/3). (aba)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: