BI Provinsi Jambi Siapkan Rp 3,05 Triliun Untuk Pemenuhan Kebutuhan Uang Tunai Ramadan dan Idul Fitri 1444 H

BI Provinsi Jambi Siapkan Rp 3,05 Triliun Untuk Pemenuhan Kebutuhan Uang Tunai Ramadan dan Idul Fitri 1444 H

Hermanto saat diwawancarai oleh awak media--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Kantor Pusat Bank Indonesia telah melakukan Kick Off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2023 pada tanggal 20 Maret 2023. Kemudian, Kick Off serupa dikuti oleh seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi (BI Jambi) pada Senin (27/3/2023). SERAMBI 2023 ini bertujuan untuk menyediakan uang Rupiah dan memberikan layanan kas yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, serta meningkatkan awareness terkait dengan Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah.


Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Hermanto--

Melalui Kick Off SERAMBI, Bank Indonesia telah memastikan kecukupan dan ketersediaan uang tunai secara nasional dalam memenuhi proyeksi kebutuhan perbankan sebesar Rp195 triliun atau naik 8,22% dari realisasi periode yang sama tahun 2022. Sedangkan untuk Provinsi Jambi, BI Jambi telah menyiapkan uang tunai sebanyak Rp3,05 triliun atau naik 38,63% dari realisasi periode yang sama tahun 2022 sebanyak Rp2,2 triliun.


Pemberian spanduk kepada bank yang berkolaborasi dengan BI untuk layanan penukaran uang--

Bank Indonesia bekerja sama dengan perbankan menyediakan layanan penukaran uang di 5.066 titik layanan penukaran di bank yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Adapun titik penukaran di Provinsi Jambi meliputi 32 titik penukaran loket bank umum di Kota Jambi dan 25 titik penukaran di loket bank peserta Kas Titipan di Muaro Bungo dan Kuala Tungkal.


Pelepasan unit kas keliling secara simbolis--

Pada periode Ramadan dan Idul Fitri 1444 H, BI Jambi juga berkolaborasi dengan delapan bank umum, yaitu Bank Jambi, BRI, Bank Mandiri, BNI, BTN, BCA, BSI, dan Maybank untuk kegiatan layanan penukaran kas keliling bersama di beberapa titik lokasi di Kota Jambi. Pada tanggal 5-6 April 2023 di Taman Angso Duo, tanggal 10-11 April 2023 di Tugu Keris Siginjal, tanggal 12-13 April 2023 di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, dan tanggal 17-18 April 2023 di Jamtos Mall. Layanan penukaran kas keliling bersama dapat dimanfaatkan masyarakat dengan sebelumnya melakukan pendaftaran online pada situs https://pintar.bi.go.id. 


Foto bersama dengan pihak perbankan di Kota Jambi--

“Satu lagi yang perlu perlu mendapat perhatian kita semua, bahwa tingkat konsumsi masyarakat di periode Ramadan - Idul Fitri selalu mengalami peningkatan dan dapat memicu kenaikan inflasi. Oleh karenanya, Bank Indonesia menghimbau agar masyarakat lebih bijak dalam berbelanja, dengan memprioritaskan berbelanja sesuai kebutuhan,” imbuh Hermanto, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: