SNBT UNJA Telah Dibuka, Simak Syarat dan Tata Cara Pendaftarannya

SNBT UNJA Telah Dibuka, Simak Syarat dan Tata Cara Pendaftarannya

SNBT UNJA Telah Dibuka, Simak Syarat dan Tata Cara Pendaftarannya--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Rangkaian proses seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bagi calan mahasiswa baru kini memasuki babak baru. Setelah Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) usai dan akan diumumkan pada Selasa (28/03/2023), kini giliran seleksi jalur kedua yaitu Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) yang dibuka pendaftarannya pada Kamis, 23 Maret 2023 dan akan ditutup pada 14 April 2023, pukul 15.00 WIB.

Koordinator Dokumentasi dan Informasi Publik (HUMAS UNJA), Mochammad Farisi, S.H. LL.M., menuturkan bahwa seleksi jalur prestasi SNBP hampir rampung dengan hasil seleksi bakal diumumkan pada 28 Maret 2023. Sambil menunggu pengumuman hasil SNBP, pendaftaran untuk SNBT bakal dibuka. “Tata cara pendaftaran tak jauh beda dari tahun lalu. Kuota yang disediakan pun sama. PTN Berbadan Hukum (PTN-BH) maksimal 30 persen. Sementara itu, non-PTNBH (PTN-BLU dan Satker) maksimal 40 persen dari kuota mahasiswa baru di setiap PTN. Saya rasa kesempatan lebih besar di sini karena persentase lebih besar,” ujar Farisi.

Meski tata cara tak jauh beda dari tahun lalu, ada sejumlah perubahan yang perlu dicermati calon peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SNBT. Dari sisi soal ujian misalnya, tahun lalu tipe soal UTBK berupa Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Potensi Akademik (TPA). Tahun ini hanya ada TPS yang lebih banyak menguji kemampuan penalaran dan logika peserta. Tidak menggantungkan sisi akademik atau mata pelajaran yang diambil peserta saat di SMA/SMK/MA.

SNBP sendiri diumumkan pada tanggal 28 Maret 2023, pukul 15.00 WIB melalui laman https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, bagi pendaftar yang tidak lulus SNBP bisa mendaftar pada seleksi SNBT, namun bagi yang sudah lulus SNBP tidak bisa mendaftar lagi untuk jalur SNBT.

Program Studi yang tersedia dalam jalur SNBT di UNJA berjumlah 64 Prodi dengan rincian 54 Prodi S-1, 8 Prodi D-III, dan 2 Prodi D-IV. Selain itu, pada tahun ini tes UTBK SNBT tak akan dilaksanakan saat bulan puasa. Tes akan dimulai setelah Lebaran pada 8–28 Mei 2023. Daftar nama-nama Prodi UNJA yang membuka penerimaan jalur SNBT bisa dilihat di https://sidata-ptn-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ptn_sb.php?ptn=151.

Rektor UNJA melalui Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2023 yang dikeluarkan pada 17 Februari 2023, juga telah menghimbau seluruh civitas akademika UNJA dan masyarakat umum agar jangan mempercayai dan terpengaruh oleh pihak/oknum tertentu yang menjanjikan dapat menjamin putra-putrinya bisa lulus seleksi masuk UNJA dengan imbalan tertentu. Demikian pula pada calo-calo yang menjamin akan membantu kelulusan dengan cara menggantikan calon peserta pada saat ujian.

Informasi lebih lengkap mengenai UTBK SNBT dapat diakses secara langsung pada laman resmi SNPMB di https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/?mid=9. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: