Fix! Zainudin Amali Mundur, Jokowi Setuju, Menpora Baru Siapa?

Fix! Zainudin Amali Mundur, Jokowi Setuju, Menpora Baru Siapa?

Menpora Zainudin Amali. (Kemenpora)--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - “Saya sudah menyetujui” ujar Presiden Jokowi terkait pengunduran diri Zainudin Amali dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

“Menpora tadi pagi sudah bertemu saya, surat pengunduran dirinya sudah disampaikan di Setneg,” lanjut Jokowi, seperti dikutip Jambi Ekspres Senin (13/2) dari keterangan pers BPMI Sekretariat Presiden.

Lantas siapa pengganti penggantinya pada jabatan Menpora? Presiden Jokowi mengatakan akan segera memutuskannya.

Namun untuk saat ini, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy yang akan bertindak selaku pelaksana tugas (Plt).

“Penggantinya ditunggu saja, nanti segera kita putuskan. Tapi sekarang sudah di-Plt-kan, Plt-nya Pak Menko PMK ya,” lanjut Jokowi.

Presiden Joko Widodo sebelumnya telah memberi izin kepada Zainudin Amali untuk berkonsentrasi dan fokus pada urusan sepak bola nasional.

Zainudin Amali sendiri telah terpilih sebagai salah satu wakil ketua umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

“Saya sudah dapat izin dari Bapak Presiden untuk konsentrasi dan fokus mengurus sepak bola,” ujar Zainudin Amali dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

"Menteri hanya mampir, bisa setahun, dua tahun, tiga tahun, atau lengkap sampai lima tahun tergantung yang menugaskan. Mungkin ini pengantar (pidato) saya yang terakhir karena 'mampir' saya hampir mau selesai," ujar Amali di Kantor Kemenpora.

Kabar Amali akan mundur dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) memang santer dalam beberapa hari terakhir.

Sejak terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI, Amali mengaku telah mengantongi izin dari Presiden untuk fokus mengurus sepak bola melalui jabatannya yang baru di PSSI, namun ia tak secara gamblang mengakui akan mengundurkan diri dari jabatan menteri.

Katanya ia telah melaporkan secara pribadi kepada Presiden Jokowi dan presiden pun telah menyerahkan keputusan ke dirinya untuk memilih.

Tanggapan presiden sejauh ini diakui Zainuddin Amali cukup baik, bisa memahami posisinya sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Saat awal dilantik tahun 2019, Zainuddin Amali memang serius dengan sepak bola Indonesia, Ia juga menyusun Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), sebuah program agar olahraga Indonesia mengalami peningkatan dari segi prestasi.

Pria bernama lengkap Prof. Dr. Zainudin Amali, S.E., M.Si merupakan pria yang lahir 16 Maret 1962. Ia adalah pengusaha sekaligus politikus Indonesia berdarah Gorontalo.

Ia merupakan Menpora yang ke 13 di Indonesia, Zainudin Amali merupakan salah satu kader senior dari Partai Golkar yang pernah menjabat sebagai Ketua DPP partai periode 2014–2019 dan empat kali terpilih sebagai anggota DPR RI berkat Golkar.

Sejak 16 Februari 2023 ia terpilih sebagai salah satu Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023–2027. Posisi ini mencetak sejarah, karena ini adalah kali pertama Indonesia memiliki menteri aktif pertama yang menduduki jabatan tersebut. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: