Hybrid Bank, Strategi El Halcon Bawa Bank Jambi ke Era Digital

Hybrid Bank, Strategi El Halcon Bawa Bank Jambi ke Era Digital

Dirut Bank Jambi Dr. H. Yunsak El Halcon, S.H.,M.Si yang akrab disapa Bang El--

Oleh : Dr. Noviardi Ferzi*

Direktur Utama Bank Jambi Dr. H. Yunsak El Halcon, SH, M.Si dikenal sebagai sosok visioner dalam kepemimpinannya di Bank Milik Pemerintah daerah tersebut.

Dibawah tangan dinginnya, alumni Fakultas Hukum Universitas Jambi itu mampu membawa manajemen Bank Jambi lebih adaptif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat serta berdaya saing yang kuat. Dalam hal digitalisasi perbankan, misalnya, bang El berkeyakinan perbankan harus mengembangkan diri dan melalukan adaptasi dalam perkembangan digital. Ke depan layanan perbankan akan lebih personalized dan ini untuk meningkatkan daya saing di domestik maupun regional.

Hal ini dilakukan Bank Jambi sebagai strategi antara untuk menjembatani layanan nasabah yang homogen menyongsong pangsa pasar yang semakin heterogen ke depan. 

Wujudnya, kini Bank Jambi telah mempraktekkan konsep hybrid bank, yang menerapkan prinsip phygital atau physical and digital. Keduanya merupakan paduan keunggulan layanan fisik secara langsung dan tentunya secara digital.

Dalam kacamata putra pamong ini dengan menerapkan Hybrid Bank, keterkaitan (engagement) dengan nasabah akan semakin kuat. Penerapan hybrid bank yang dilakukan Bank Jambi didasarkan pada tiga landasan utama. Pertama, digitalisasi proses bisnis untuk meningkatkan produktivitas dan berfokus pada efisiensi. Hal ini diimplementasikan melalui aplikasi layanan perbankan.

Kedua, Bank Jambi harus menyiapkan platform digital untuk masuk ke dalam ekosistem bisnis. Hal ini menjadi sumber pertumbuhan baru bagi perseroan karena mendorong peningkatan dana murah (CASA), FBI, dan nasabah baru.

Ketiga, Bank Jambi harus berinovasi dalam financial technology dengan pendekatan fully digital and new business model, yang bertujuan untuk memberikan layanan kepada nasabah dengan lebih cepat dan efisien.

Ketiga landasan ini harus dilakukan seiring dengan misi Bank Jambi memberikan layanan perbankan hingga ke seluruh pelosok kabupaten Kota di Provinsi Jambi.

Bank Jambi saat ini memberikan layanan secara hybrid, dalam artian pelayanan di cabang masih ada namun berkurang dan layanan di digital seperti mobile banking atau aplikasi mulai diterapkan. Bahkan, ke depannya, sistem hybrid ini diperkirakan akan menjelma menjadi fully bank digital.

Terkait transformasi ekonomi digital, bahwa Bank Jambi memiliki banyak modal untuk unggul dalam bidang ini. Seperti penetrasi digital yang besar, pertumbuhan start up yang banyak dan lainnya. Ini menjadi kesempatan bagi Jambi untuk mendapat nilai optimal dari ekonomi digital dan dapat memperkuat ketahanan ekononomi daerah

Dalam suatu obrolan Yunsak El Halcon memberikan keterangan latar belakang Hybrid Bank oleh Bank Jamni, menurutnya pengunaan ponsel dan digitalisasi perbankan di masyarakat sudah sedemikian luas. Tetapi ada satu fakta bahwa masyarakat belum sepenuhnya paham akan literasi dan keuangan digital.

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan OJK tahun 2019 menyebutkan, tingkat inklusi keuangan digital dan tingkat literasi keuangan digital masyarakat Indonesia masih di kisaran 31,26% dan 36%. Ketimpangan antara perkembangan layanan keuangan digital yang masif dengan rendahnya tingkat literasi di tengah masyarakat berpotensi menimbulkan dampak negatif. 

Dalam situasi ini diperlukan strategi hybrid bank untuk menjangkau masyarakat yang beragam karakteristiknya. Apalagi di tengah pandemi kemarin, kondisi ini semakin mempercepat proses digitalisasi. Namun, meskipun digitalisasi tak bisa dielakkan, masih ada sejumlah nasabah yang masih nyaman dengan layanan perbankan secara physical.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: