Direktur Global Studies MSU - Rektor UIN STS Jambi Bicarakan Kelanjutan Kerjasama

Direktur Global Studies MSU - Rektor UIN STS Jambi Bicarakan Kelanjutan Kerjasama

Kerjasama antara UIN STS Jambi dengan Michigan State University melalui program Collaborative Online International Learning (COIL) yang telah berjalan selama satu tahun semakin serius, dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi.--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID  – Bertempat di ruang rektor UIN STS Jambi, Prof Salah Hasan dan Prof Su’aidi membahas kelanjutan program kerjasama antara Michigan State University dan UIN STS Jambi (05/03). Rapat kerja berlangsung di sela - sela Internasional Simposium membahas peluang kerjasama yang lebih luas dan produktif. 


--

Rektor UIN STS Jambi, Ketua International Office dan Direktur Global Studies MSU masing - masing memberikan usulan kegiatan yang nantinya dapat ditindak lanjuti. Meskipun berlangsung dalam waktu yang tidak begitu lama (kurang lebih 60 menit), pertemuan tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan dan komitmen dari kedua belah pihak. Baik UIN STS Jambi dan MSU bertekad untuk saling membantu dalam bidang penelitian, pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat.

Ada enam rencana yang telah disepakati kedua belah pihak untuk diupayakan terjadi dalam waktu dekat di antaranya:

1. Global Studies Michigan State University akan mengusahakn memperoleh dana hibah baik dari kampus MSU mampun dari pemerintah federal Amerika serikat untuk mengirimkan mahasiswa MSU berkunjung ke UIN Jambi dalam konteks study abroad program. Dalam hal ini, UIN Jambi diminta untuk menyiapkan program kegiatan serta host family agar mahasiswa dari Amerika dapat merasakan tinggal bersama keluarga di Jambi.

2. Global Studies akan mengupayakan program pengiriman dosen UIN Jambi ke MSU sebagai dosen tamu atau pemateri dalam seminar. Tahun ini, dua dosen FUSA, Mufdil Tuhri dan Aysha Putri telah mendapat undangan dari MSU untuk menjadi pemateri dalam seminar di MSU yang disponsori oleh Templeton Religion Trust. Kedepannya, Global Studies akan mengupayakan pengiriman dosen untuk mengikuti program lain di MSU.

3. Global Studies mengupayakan agar dosen UIN Jambi dapat memperoleh beasiswa S3 di MSU. Untuk diketahui, program College of Arts and Letters MSU setiap tahun memberikan pembiayaan bagi mahasiswa S3 yang memenuhi persyaratan untuk berkuliah di MSU dengan pembiayaan full dari Kampus.

4. COIL (Collaborative Online International Learning) akan kembali dibuka. Namun akan diikuti oleh mahasiswa magister. Topik dan mata kuliah juga tidak sama dengan COIL tahun lalu.

5. UIN STS Jambi berkomitmen menggandeng lima kampus di Sumatera (Consortium 6in1 PTKIN) untuk mengajukan proposal ke LPDP dalam mengadakan micro credential learning yang di mana MSU dijadikan sebagai kampus partner program tersebut.

6. Baik MSU dan UIN Jambi bersepakat untuk terus menjajaki kerjasama dalam bentuk penelitian dan community services.

Setelah pertemuan tertutup ini selesai, rektor memberikan arahan kepada pusat admisi dan layanan international agar dapat mengambil langkah strategis dalam memastikan rencana-rencana yang telah disusun tereliasi dan memberikan dampak positif bukan hanya untuk UIN Jambi, namun untuk masyarakat luas baik lokal, nasional dan bahkan internasional. (uci/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: