Crowded Kemacetan Batu Bara di Jambi Hari Ini , Dr.Noviardi: Kuncinya Ketegasan Gubernur

Crowded Kemacetan Batu Bara di Jambi Hari Ini , Dr.Noviardi: Kuncinya Ketegasan Gubernur

Dr. Noviardi Ferzi--

Pilih Kepentingan 10 Ribu Supir Atau Jutaan Rakyat Jambi

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Distribusi batu bara dari mulut tambang menuju pelabuhan sudah Crowded (penuh sesak) dan tak bisa dibiarkan lagi. Akibatnya nyata, jalan nasional di Kabupaten Batanghari hari ini (1/3) sebagai titik kumpul (bottleneck) semua kendaraan yang melintas di jalanan utama Jambi lumpuh total setidaknya 20 jam.

Atas hal ini Pengamat kebijakan publik dan pemerintah Dr. Noviardi Ferzi kembali mengingatkan pentingnya ketegasan Gubernur Jambi. Menurutnya kunci mengurai kemacetan ada pada ketegasan orang nomor satu di Jambi tersebut.

"Seharusnya gubernur memainkan skala prioritas, kepentingan rakyat pengguna jalan atau pengusaha. Tidak  bisa solusi tengah hari ini," tegasnya Kepada Jambi Ekspres (1/3).

Bahkan akademisi STIE Jambi ini, menyebut Gubernur bisa mengusulkan moratorium (penangguhan) angkutan Batubara pada pemerintah pusat, hanya saja, gubernur tak melakukan itu.

"Makanya harus ada prioritas, jangan sampai kepentingan 10 ribu sopir mengorbankan kepentingan jutaan orang (pengendara)," sebut mantan Presiden BEM Unja ini.

Ia juga tak memungkiri, seharusnya dengan segala kewenangannnya, Gubernur Al Haris bisa mengatasi nasib 10 ribu supir batu bara selama jalur distribusi darat dihentikan. (aba)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: