Jumat Berkah, Harga BBM Turun, Cek Harga Baru BBM Pertalite-Pertamax dari Sabang-Merauke per 17 Februari 2023

Jumat Berkah, Harga BBM Turun, Cek Harga Baru BBM Pertalite-Pertamax dari Sabang-Merauke per 17 Februari 2023

Petugas mengisi BBM ke tangki kendaraan pelanggan. -Fadli -----

Salah satu dari kesalahan umum yang terjadi adalah mesin yang tidak terpasang dengan sempurna pada engine mounting. Hal ini menyebabkan mesin bergetar keras karena tidak bisa diredam dengan baik. Untuk mencegahnya, Anda lebih baik melakukan service di bengkel yang terpercaya dan melakukan pengecekan ulang sebelum mobil digunakan kembali.

3. Gangguan Pada Piston

Selain engine mounting, penyebab bergetar saat dinyalakan bisa disebabkan oleh piston. Piston bergerak dalam suatu gerak statis secara terus menerus. Namun, ada saatnya piston menjadi goyang sehingga gerakannya terganggu. Gangguan ini menyebabkan tenaga mesin menurun.

4. Velg Ban

Mesin mobil bergetar saat diam ternyata juga bisa disebabkan oleh komponen ban, tepatnya pada velg ban. Velg ban pada mobil memiliki fungsi sebagai penahan keseluruhan beban bodi mobil. Jika velg sudah terlalu tua, maka ketahanannya untuk menahan beban bodi mobil pun menurun. Akibatnya, mesin pun akan mengeluarkan getaran bahkan saat dalam kondisi diam.

5. Perputaran Ban Yang Tidak Sempurna

Selain masalah pada velg, masalah pada as roda ternyata juga bisa menjadi sumber masalah mesin mobil bergetar saat diam. As roda yang mengalami kerusakan (umumnya aus karena pemakaian), bisa menyebabkan perputaran ban yang tidak sempurna. Jika perputaran ban tidak sempurna, maka bergetar. Anda mengalami masalah ini? Jika keausan belum terlalu parah, Anda bisa mengamplas as roda. Namun, jika aus sudah parah, Anda harus segera melakukan penggantian as roda.

6. Ban Sudah Terlalu Aus

As dan velg ban memang bisa menyebabkan mesin mobil bergetar, namun ban mobil sendiri juga bisa menjadi sumber masalah. Hal ini bisa terjadi jika ban luar mobil Anda sudah terlalu aus dan halus. Ban mobil memang akan aus dan semakin halus jika digunakan terus menerus. Padahal, ban yang aus selain bisa membahayakan juga bisa membuat mesin mobil bergetar. Maka dari itu, pastikan Anda rutin mengganti ban mobil saat dirasa sudah terlalu aus dan banyak kerusakan.

7. Shockbreaker Mengalami Kerusakan

Penyebab selanjutnya jatuh pada komponen shockbreaker. Komponen satu ini punya peranan penting dalam menjaga kestabilan mobil, terutama saat mobil dijalankan. Jika shockbreaker rusak, maka bisa dipastikan mobil menjadi tidak seimbang. Mesin mobil pun akan mengeluarkan getaran yang tidak normal.

Agar masalah tidak bertambah rumit, segeralah ganti shockbreaker yang sudah rusak. Pastikan Anda menggunakan shockbreaker resmi yang memang sesuai dengan mesin mobil. Hindari membeli shockbreaker abal-abal yang justru bisa merusak mesin.

8. Distribusi Bahan Bakar Tidak Lancar

Terakhir, mesin bergetar saat diam bisa disebabkan oleh distribusi bahan bakar yang tidak lancar. Hal ini dapat terjadi pada mobil yang menggunakan sistem injeksi. Injector yang bermasalah akan menyebabkan distribusi bahan bakar menjadi tidak lancar dan inilah yang kemudian membuat mesin bergetar bahkan saat diam.

Maka dari itu Anda memerlukan bahan bakar yang berkualitas, sepert Pertamax dan Pertamax Turbo. Memiliki kandungan oktan yang tinggi, yaitu 92 dan 98. Isi bahan bakar anda di SPBU Pertamina atau SPBU terdekat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: