Tol Batam Belum Diapa-apakan, Progres Masih Nol Persen

Tol Batam Belum Diapa-apakan, Progres Masih Nol Persen

Kepulauan Batam. Foto : Dok Bpnbkepri--

BATAM, JAMBIEKSPRES.CO.ID -  Ada satu proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang berada di Pulau Batam yaitu Tol Batu Ampar-Hang Nadim. 

 

Di dalam peta, ruas tol ini ada pada nomor 12.  Ruas Tol Batam alias Tol Batu Ampar-Hang Nadim termasuk proyek tol trans Sumatera yang belum diapa-apakan. 

 


Peta jalur jalan tol trans Sumatera. Foto : Hutama Karya--

 

Hutama Karya sebagai perusahaan yang menerima penugasan dari pemerintah untuk Tol Batu Ampar-Hang Nadim pada 6 Juli 2017 lalu, mencatat progres konstruksi tol ini di situs resminya masih nol persen. 

 

Tak hanya itu, progres pembebasan lahan untuk pekerjaan Tol Batu Ampar-Hang Nadim juga masih tercatat nol persen. 

 


Progres proyek tol di Batam masih nol persen--

 

Dari data yang diperoleh Jambi Ekspres dari PT Hutama Karya, Tol Batu Ampar-Hang Nadim ukurannya cukup pendek, hanya 25 kilometer. 

 

Tol Batu Ampar-Hang Nadim tercatat membutuhkan investasi senilai Rp 6,25 Triliun, dimana 70 persen ekuitas dari PMN (Penanaman Modal Negara) dan 30 persen investasinya bersumber dari sindikasi bank. 

 

Ruas jalan tol ini akan melewati Bandara Hang Nadim Batam dan Pelabuhan Batu Ampar.

 

Melalui jalur Batu Ampar-Muka Kuning dengan panjang 15 kilometer kemudian ruas Muka Kuning-Simpang Kabil-Bandara Hang Nadim sepanjang 10 kilometer.

 

Ruas Tol Batu Ampar-Hang Nadim disebut-sebut sebagai proyek strategis nasional ditargetkan bisa meningkatkan kelancaran arus transportasi di kawasan industri Muka Kuning, Pelabuhan Batu Ampar dan Bandara Internasional Hang Nadim. 

 

Tidak membuka hutan, trase Tol Batu Ampar-Hang Nadim akan menggunakan jalan arteri yang sudah ada saat ini kemudian dilebarkan menjadi jalan tol. 

 

Guna mempersiapkan tol Tol Batu Ampar-Hang Nadim,   jalan arteri Batu Ampar - Batu Besar sebagai jalan non tol yang berdampingan dengan jalan tol telah mulai dilebarkan menjadi 7 meter sehingga ketika pembangunan jalan tol dilaksanakan, lebar jalan telah mencapai 11,6 meter.

 

Meski tercantum tulisan target penyelesaiannya tahun 2023, namun Tol Batu Ampar-Hang Nadim dipastikan tidak akan rampung tahun ini. 

 

Wakil Direktur Utama Hutama Karya, Aloysius Kiik Ro mengatakan, tahun ini target Hutama Karya adalah menyelesaikan pembangunan ruas-ruas JTTS tahap I. 

 

Diantaranya Ruas Binjai–Langsa, Ruas Indralaya – Muara Enim, Ruas Kisaran–Indrapura, Kuala Tanjung–Parapat, Ruas Bengkulu–Taba Penanjung, Ruas Sigli–Banda Aceh, Ruas Padang–Sicincin dan Ruas Pekanbaru–Pangkalan

 

Tahun 2023 Hutama Karya juga akan memulai pembangunan ruas-ruas Jalan Tol Trans Sumatera tahap 2 yakni Ruas Betung–Tempino–Jambi dan ruas Junction Pekanbaru–Bypass Pekanbaru.

 

Perkembangan Jalan Tol Trans Sumatera

 

Terkait progresnya, Data dari Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) ada 10 ruas proyek Jalan Tol Trans Sumatera yang kini berstatus operasi dan berstatus masih tahap konstruksi. 

 

1. Ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (PT Waskita Sriwijaya Tol)

- Tahap 1A : Tol Kayu Agung-Jakabaring (Sudah Operasi April 2020)

- Tahap 2A: Tol Jakabaring-Jalintim (Sudah Operasi January 2021)

- Seksi 2B : Tol Jalintim-Musilindas (Target Agustus 2023 Operasi)

- Seksi 3 : Tol Musilindas- Tol Betung (Target Agustus 2023 Operasi)

 

2. Ruas Tol Medan-Binjai (PT Hutama Karya)

- Seksi 1A Tanjung Mulia-Marelan (Sudah Operasi 2021)

- Seksi 1B Helvetia-Marelan (Sudah Operasi Tahun 2019)

- Seksi II Helvetia-Sei Semayang (Sudah Operasi 2017)

- Seksi III Sei Semayang-Binjai (Sudah Operasi 2017)

 

3. Ruas Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (PT Hutama Marga Waskita)

- Seksi 1: Tol Tebing Tinggi - Indrapura (Target Operasi Q2)

- Seksi 2: Tol Kuala Tanjung-Indrapura (Target Operasi Q2)

- Seksi 3: Tol Tebing Tinggi-Serbelawan (Target Operasi Q2)

- Seksi 4: Tol Serbelawan-Pematang Siantar (Target Juni 2023)

- Seksi 5: Tol Pematang Siantar-Seribudolok (Setelah 2024) 

 

4. Ruas Tol Sigli-Banda Aceh (PT Hutama Karya)

- Seksi 1: Tol Padang Tiji-Seulimeum (Target Desember 2023 Operasi)

- Seksi 2: Tol Seulimeum-Jantho (Sudah Operasi Maret 2022)

- Seksi 3: Tol Jantho-Indrapuri (Sudah Operasi Feb 2021)

- Seksi 4: Tol Indrapuri-Blang Bintang (Sudah Operasi Juli 2020)

- Seksi 5: Tol Blang Bintang-Kuto Baro (Target Maret 2023 operasi)

- Seksi 6: Tol Kuto Baro-Baitussalam (Target Maret 2023 operasi)

 

5.Ruas Tol Indrapura-Kisaran (PT Hutama Karya)

- Tol Seksi 1&2 Indrapura-Kisaran (Target Maret 2023)

 

6. Ruas Tol Pekanbaru-Padang 

- Tol Padang-Sicincin (Target 2024)

 

7. Ruas Tol Pekanbaru-Padang (segmen Pekanbaru-Pangkalan) - (Hutama Karya)

- Seksi 1: Tol Pekanbaru-Bangkinang (Sudah Operasi January 2023)

- Seksi 2: Tol Bangkinang-Pangkalan (Target Juli 2023)

- Seksi 3: Tol Pangkalan-Sicincin (Kepalo Hilalang) (Target 2024)

- Seksi 4: Tol Padang-Sicincin (Kapalo Hilalang) Sta 0+200 (Target 2024)

- Seksi 5: Tol  Padang-Sicincin (Kapalo Hilalang) sta 4+200 (Target 2024)

 

8.Ruas Tol Simpang Indralaya-Muara Enim (PT Hutama Karya)

- Seksi 1: Tol Simpang Indralaya-Prabumulih (Target Juni 2023)

- Seksi 2: Tol Prabumulih-Muara Enim (Setelah 2024)

 

9. Ruas Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu (PT Hutama Karya)

- Seksi 1: Tol Lubuk Linggau-Kepahiang (Setelah 2024)

- Seksi 2: Tol Kabahiang-Taba Penanjung (Setelah 2024)

- Seksi 3: Tol Taba Penanjung-Bengkulu (Sudah Operasi Desember 2022)

 

10. Ruas Tol Binjai-Langsa (PT Hutama Karya)

- Seksi 1,2,3 : Tol Binjai-Pangkalan Brandan (Target 2023 Selesai)

- Seksi 1: Tol Binjai-Stabat (Sudah Operasi Maret 2022)

- Seksi 4: Tol Pangkalan Brandan-Kuala Simpang (Setelah 2024)

- Seksi 5: Tol Kuala Simpang-Langsa (Setelah 2024)

 

Dari data ini terlihat tol Batam belum mulai dikerjakan. (*)




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: