SIT Permata Insani Islamic School Jambi Sukses Gelar AKSI dan BAZAR UMKM, Dibuka Wawako

SIT Permata Insani Islamic School Jambi Sukses Gelar AKSI dan BAZAR UMKM, Dibuka Wawako

SIT Permata Insani Islamic School Jambi Sukses Gelar AKSI dan BAZAR UMKM, Dibuka Wawako--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID– AKSI atau Ajang Kreasi dan Seni Anak Islam 2023 Tingkat Kecamatan Paal Merah dan Jambi Selatan merupakan suatu ajang untuk menunjukkan kreatifitas, bakat dan bonding antara orang tua dan anak dalam bidang seni mewarnai serta kemampuan siswa/i dalam bidang pidato atau bercerita (storytelling) serta bidang hafalan Al-Qur’an. 

Kegiatan AKSI dan BAZAR 2023 yang mengusung tema Aku Anak Soleh, Aku Anak Kreatif ini dihadiri oleh Wakil Walikota Jambi Bapak Dr. dr. H. Maulana, M.K.M. sebagai pembuka kegiatan AKSI 2023. Selain Wakil Walikota Jambi, beberapa tamu undangan yang turut hadir antara lain yaitu Camat Paal Merah, Bapak Drs. Amran, M.E., Perwakilan dari Dinas Pendidikan, Bapak Julianto, M.Pd, Lurah Lingkar Selatan, Bapak Poniman, S.E., Ketua Forum RT Lingkar Selatan, Bapak Parman, serta Ketua RT 09 Bapak Zamroni. 

Ketua Yayasan Kemilau Permata Insani, Bapak Rifa’i, S.Kom., M.Pd., menjelaskan dalam sambutannya bahwa AKSI adalah kegiatan rutin SIT Permata Insani Islamic School setiap tahunnya, pertama kali dilaksanakan ditahun 2017 yang sempat terhenti 3 tahun karena pandemi. Selain mengenalkan mengenalkan SIT Permata Insani Islamic School kepada masyarakat, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas seni, semangat dan kecintaan terhadap Al-Qur’an. Tidak hanya semata berlomba menjadi pemenang, akan tetapi lebih melatih Ananda untuk bersabar serta tampil berani didepan public. “Disini kita membangun ukhuwah dan silaturahim sesama sekolah di lingkungan kecamatan Paal Merah dan Jambi Selatan.”, ujarnya. 

Kunjungan tamu kehormatan Wakil Walikota Jambi Bapak Dr. dr. H. Maulana, M.K.M ke SIT Permata Insani Islamic School disambut dengan hikmat oleh keluarga besar SIT Permata Insani Islamic School serta para tamu yang hadir, termasuk para peserta lomba. Dalam pidato pembuka saat kegiatan AKSI 2023 beliau menyampaikan bahwa Indikator yang Populer untuk Mengukur Kinerja Pembangunan Manusia, Human Development Index (HDI) yaitu 3 bidang yang terdiri dari bidang Pendidikan, bidang ekonomi dan bidang Kesehatan. Ketiga hal ini terdapat dalam doa yang diajarkan Rasulallah Ketika meminum air zam-zam yaitu "Ya Allah, aku mohon kepadaMu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rizki yang luas dan sembuh dari segala sakit dan penyakit pikun dengan rahmatMu ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang." Imbuhnya lagi. Beliau juga mengapresiasi kehadiran Sekolah Islam Terpadu Permata Insani Islamic School, karena selain membuka lapangan kerja juga bisa membawa keberkahan untuk masyarakat sekitar. 

Kembali dalam kegiatan AKSI 2023, perlombaan terdiri dua cabang lomba di tiap tingkat pendidikan. Untuk tingkat PAUD (KB/TK/RA) terdiri dua cabang perlombaan, yaitu lomba tahfidz dan lomba mewarnai yang bekerja sama dengan Faber Castle. Sementara tingkat SD/MI juga terdapat dua cabang lomba yaitu tahfidz yang bekerja sama dengan Koordinator Daerah (KORDA) UMMI Jambi dan bercerita kisah nabi (storytelling). Untuk lomba tahfidz dibagi menjadi dua kategori kelas, yaitu kategori tahfidz kelas 1-2 dan kategori tahfidz kelas 3-5. Kegiatan ini diikuti oleh sedikitnya 140 peserta dari PAUD (KB/TK/RA) dan SD/MI baik Negeri maupun Swasta di lingkungan kecamatan Paal Merah dan Jambi Selatan. AKSI 2023 telah digelar selama dua hari yaitu, Jumat dan Sabtu (27-28 Januari 2023) di halaman SIT Permata Insani Islamic School yang berlokasi di Jl. Abdul Muis Rt.09, Kel. Lingkar Selatan, Kec. Pal Merah. 

Akhir dari perlombaan tersebut pun dimenangkan oleh ananda-ananda yang telah berhasil menampilkan yang terbaik. Pada tingkat PAUD(KB/TK/RA) untuk cabang lomba tahfidz dimenangkan oleh ananda Aisya Azalia (Juara I) dari RA Al-Azan, ananda Amira Habibatus Sajidah (Juara II) dan Bintang Fahreza (Juara III) dari TK Permata Insani Islamic School. Sementara lomba mewarnai dimenangkan oleh ananda Zayn Andrean Maliq (Juara I) dan Fadhil Khairan Alfarizki (Juara II) dari TK Permata Insani Islamic School, dan ananda Nur Habibah (Juara III) dari RA Al-Azan.

Selanjutnya cabang lomba tahfidz tingkat SD/MI kategori kelas 1-2 dimenangkan oleh ananda Adzkia Nur Syakira (Juara I) dan Athiyah Fathinah Rifa’i (Juara II) dari SD IT Permata Insani Islamic School, serta ananda Adiba Shakila (Juara III) dari MI IBA. Untuk lomba tahfidz kategori kelas 3-5 dimenangkan oleh ananda M. Fawwaz Adz Zikra (Juara I) dari MI Sa’adatul Hikmah, ananda Asyifatu Kaureen (Juara II) dan Zahida Azizah (Juara III) dari SD IT Permata Insani Islamic School. Sementara cabang lomba bercerita kisah nabi dimenangkan oleh ananda Zahira Azilia (Juara I) dari SD IT Permata Insani Islamic School, ananda Ahmad Abizar Ghifari (Juara II) dan Az-Zahra Angelica (Juara III) dari MI Al-Irsyad.

Kegiatan AKSI 2023 ini digandengkan dengan Bazar UMKM yang diperuntukkan bagi orang tua/walimurid untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan pelaku usaha agar lebih produktif dalam memperkenalkan produk UMKM nya dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian keluarga. Salah satu UMKM dan usaha rumahan yang turut menyemarakkan kegiatan bazar yaitu Dapoer Kue Alfatih, Rizuni Ayu sebagai pemilik UMKM menyatakan bahwa ia merasa senang bisa memperkenalkan produknya kepada para pengunjung kegiatan AKSI 2023. Dapoer Kue Alfatih sendiri menjual makanan basah maupun kering, seperti pempek, bolen, brownies, kue sagu keju, serta beberapa jajanan lain. Ia juga berharap kegiatan ini bisa berlangsung setiap tahunnya. Kegiatan bazar selain dari UMKM juga ada dari beberapa donatur yang turut mendukung kegiatan AKSI 2023 yaitu Chill-go!, Wardah, Faber Castle, PT. Adhitya dan Joyday. Kegiatan ini mengawali Pembukaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024 di SIT Permata Insani Islamic School. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: