Hati-hati! Jambi Riau dan Sumut Berpotensi Kebakaran Hutan Seperti Kejadian 2019 yang Bikin Langit Merah

Hati-hati! Jambi Riau dan Sumut Berpotensi Kebakaran Hutan Seperti Kejadian 2019 yang Bikin Langit Merah

Fenomena langit merah ditengah bencana kabut asap di Provinsi Jambi tahun 2019 lalu. Foto : M Ridwan/Jambi Ekspres--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Tahun 2023 potensi peningkatan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang mengakibatkan bencana asap.

 

Meski masih ada potensi hujan lebat, mulai Februari ini kebakaran hutan dan lahan perlu diwaspadai di wilayah Riau, Jambi, dan sebagian Sumatera Utara (Sumut).

 

“Diperkirakan akan terjadi peningkatan potensi karhutla seperti yang terjadi di tahun 2019," jelas Menko Polhukam Mahfud MD saat Rakorsus Penanganan Karhutla (20/1).

 

Tahun 2019 kasus kebakaran lahan dan hutan telah menyebabkan bencana asap yang serius, bahkan juga terjadi fenomena langit merah di Jambi.

 

Tak hanya itu sekolah ikut ditutup, kenaikan kasus ISPA meningkat dan terganggunya ekonomi akibat arus transportasi yang terhambat.

 

Mahfud juga menghimbau kewaspadaan kian ditingkatkan. Apalagi prediksi BMKG mencatat potensi terjadi kembali El Nino seperti yang terjadi dalam tiga tahun terakhir.

 

Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah juga dihimbau bersinergi saling membantu menghadapi potensi karhutla ini. Mulai dari sarana dan prasarana, dana dan aturan lainnya dalam rangka mengatasi karhutla. 

“Jangan biarkan hal-hal teknis menghambat kinerja kita," tegasnya.

 

BACA JUGA:2023 Kebakaran Lahan dan Hutan Berpotensi Seperti 2019, Sekolah Diliburkan, Pesawat Batal Terbang, Jangan!

 

Apalagi pada September tahun ini Indonesia juga akan menjadi Ketua ASEAN, bertepatan pula dengan puncak musim kemarau. 

 

Tak hanya itu, Indonesia juga akan memasuki tahapan pemilu sehingga kewaspadaan dan peningkatan kewaspadaan terhadap karhutla perlu diperhatikan bersama. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: