Tol Bengkulu-Taba Penanjung Dilengkapi 30 CCTV, Ini Tujuannya.

Tol Bengkulu-Taba Penanjung Dilengkapi 30 CCTV, Ini Tujuannya.

Para petugas siap melayani pengguna Tol Bengkulu - Taba Penanjung. Foto : Dok Hutama Karya--

BENGKULU, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dalam waktu sebulan, Sejak 23 Desember 2022 hingga 23 Januari 2023, jumlah kendaraan yang melewati Tol Bengkulu-Taba Penanjung telah mencapai 65.178. 

Lonjakan penumpang ini membuat PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) terus meningkatkan layanan. 

 

Hutama Karya dalam rilis resminya menyatakan, beberapa kelengkapan telah pula dipasang di Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung, salah satunya adalah memasang 30 CCTV di sepanjang 17,6 kilometer tol.

 

Tak hanya itu, guna kelancaran arus lalu lintas di jalan tol Bengkulu-Taba Penanjung, turut didukung oleh 101 personil yang siaga.

 

Ruas tol ini juga menyiapkan oleh 12 armada siaga, 1 lokasi top-up tunai dan 4 unit mobile reader. 

 

Jalan tol ini juga dilengkapi dengan 2 VMS (Variable Message Sign). Merupakan teknologi untuk kenyamanan pengguna jalan untuk bisa memperoleh informasi terbaru seperti himbauan, peringatan, larangan, petunjuk dan informasi seputar pekerjaan di lajur.

 

Terkait pemasangan 30 unit CCTV, ini bertujuan untuk mengawasi dan memonitor kondisi lapangan guna menjamin keselamatan pengguna jalan tol. 

 

Memang belum ada diumumkan bahwa CCTV ini ikut difungsikan sebagai monitor tilang elektronik, namun tetaplah waspada, karena beberapa ruas tol di lainnya di Indonesia telah menerapkan hal ini.

 

Menjadi target adalah mereka yang berkendara dengan kecepatan melewati batas dan melanggar aturan penggunaan jalan tol lainnya. 

 

Selain itu pihak Hutama Karya juga terus mengingatkan pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang disyaratkan.

 

Pengguna tol juga dihimbau untuk tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.  Dianjurkan beristirahat jika merasa mengantuk di Rest Area terdekat. 

 

Jika mengalami atau menyaksikan tindak kejahatan yang ada di jalan tol maupun rest area diharapkan segera melapor ke Call Centre masing-masing Cabang Tol.

 

Hutama Karya juga memastikan, selama beroperasi dan diberlakukannya tarif, jalan Tol Bengkulu Taba Penanjung telah berjalan dengan baik dan lancar. 

 

Hal ini karena sebelum beroperasi semua personil yang bertugas telah dilatih sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM). 

 

Tak kalah pentingnya, para pengguna jalan tol dihimbau menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) untuk satu kendaraan.  Pastikan juga saldi UE cukup, jika lupa bisa gunakan aplikasi HK Toll Apps yang dibuat Hutama Karya agar bisa mudah dan praktis Cek Saldo UE dan Top up saldo UE. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: