Jangan Ngaku ke Sumbar Kalo Belum Mengunjungi 5 Tempat ini

Jangan Ngaku ke Sumbar Kalo Belum Mengunjungi 5 Tempat ini

Istana Pagaruyung--

PADANG, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Sumatera Barat (Sumbar) memiliki berbagai hidden game yang menjadi destinasi wisata.

 

Setiap berkunjung ke Sumbar, pulangnya akan rindu datang kembali. Sumbar memiliki segalanya, mulai dari keindahan alam, budaya dan juga kulinernya. 

 

Jangan ngaku ke Sumbar jika belum mengunjungi tempat-tempat ini. 

 

1. Jam Gadang

Jam Gadang menjadi simbol ikonik Bukittinggi, salah satu kota yang jaraknya sekitar 95 km dari pusat Kota Padang, dua jam perjalanan.  

 


Jam Gadang. Foto : Dok/Jambi Ekspres--

 

Siapapun yang berkunjung ke Kota Bukittinggi tidak sah rasanya jika tidak bertandang ke Jam Gadang. 

 

Bangunan peninggalan era Hindia-Belanda itu juga dikenal sebagai monumen yang mengingatkan warga bahwa Kota Bukittinggi pernah menjadi ibukota Provinsi Sumatera Barat. 

 

Di generasi muda, Jam Gadang memiliki persepsi yang unik, sebab monumen itu dikenal dengan pesona gaya andalannya saat berfoto dan menjadikan Jam Gadang secara tidak langsung eksis di berbagai sosial media.

 

2. Lubang Jepang

Lagi – lagi masih dari Kota Bukittinggi, Lubang Jepang merupakan salah satu kawasan wisata sejarah yang terdapat di Kota Bukittinggi.

 


Lobang Jepang. Foto : Dok IG @kevinirfanda--

 

Lubang Jepang merupakan terowongan dengan panjang 1400 m dan berkelok kelok itu memiliki lebar sekitar 2 meter.

 

Pintu masuk lubang jepang ini juga tersebar di beberapa kawasan seperti Ngarai Sianok, Taman Panorama, Istana Bung Hatta dan Kebun binatang Bukittinggi. 

 

Lubang Jepang kerap banyak dikunjungi selain memang menarik, letak strategis yang memudahkannya masyarakat mengunjungi destinasi wisata lainnya menjadi poin tersendiri.

 

3.Istana Pagaruyung

Kali ini menjelajah di Nagari Pagaruyung, kota Batusangkar, Kab. Tanah datar. Berkunjung ke ranah minang, belum lengkap rasanya jika tidak bersanding di Istana Baso atau lebih dikenal dengan nama istana Pagaruyung yang merupakan objek sosio-historis bagi masyarakat Minangkabau. 

 


Istana Pagaruyung. Foto : Dok/Jambi Ekspres--

 

Di dalam istana Pagaruyung ini, banyak hal yang dapat ditemukan baik itu dari segi keindahan dan ukiran yang ada didalamnya ataupun nilai – nilai budaya serta falsafah yang terkandung.

 

4. Pantai Padang

Dari monumen, sejarah, hingga budaya tentu banyak destinasi wisata yang dapat ditemukan di Sumatera berat. Selain destinasi wisata yang sudah disebutkan, alam provinsi Sumatera Barat juga tidak mau kalah aksi, salah satunya Pantai Padang atau yang sering disebut masyarakat sekitar dengan ‘Taplau’. 

 


Pantai Padang. Foto : Dok Jambi Ekspres--

 

Pantai Padang terletak di pusat jantung Kota Padang, selain wisatawan baik lokal maupun asing, Pantai Padang sendiri menjadi pilihan mahasiswa untuk menghabiskan weekend. Selain panorama yang disajikan menawan, harga yang pas dikantong juga menjadi andalan.

 

5. Jembatan Siti Nurbaya

Tentu setelah lelah dengan berbagai aktivitas berkunjung dari satu destinasi wisata ke destinasi wisata lainnya, Jembatan Siti Nurbaya akan menjadi penutup perjalanan yang khas dan dicari sebab jembatan ini dikenal dengan pusat kuliner kota padang, dari berbagai harga dan berbagai macam jenis jajanan tersaji. 

 


Jembatan Siti Nurbaya. Foto : Dok/Jambi Ekspres--

 

Jembatan Siti Nurbaya ini berlokasi di Jalan Kp. Batu, Batang Arau, Kota padang. Selain kulinernya, Sungai Batang Arau dibawahnya menyajikan pemandangan yang memanjakan mata bagi pengunjungnya.

 

Jika punya waktu hangout bersama keluarga, pilihlah Sumbar sebagai tujuan untuk berlibur dan jangan lupa mengunjungi 5 spot wisata di atas. (ary)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: