Angkat Disertasi Analisis Strategi Pemasaran Syariah, Antarkan Sumantri Lulus sebagai Doktor

Angkat Disertasi Analisis Strategi Pemasaran Syariah, Antarkan Sumantri Lulus sebagai Doktor

Sumantri saat menyampaikan hasil disertasi--

Dalam Ujian Promosi Dokter Ekonomi FEB-Unja

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Mengambil judul disertasi Analisis Strategi Pemasaran terhadap Kinerja Keuangan serta Kinerja Pemasaran dengan Ketidakpastian Lingkungan, sebagai Varibel Moderating pada Bank Syariah di Jambi, mengantarkan Sumantri yang merupakan Wakil Rektor III Universitas Graha Karya lulus sebagai doctor, dalam Ujian Promosi Doktor Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi (FEB-Unja). Promotor, Prof. Dr. H. Amri Amir, S.E.,MS mengatakan, disertasi promovendus adalah ingin melihat kinerja keuangan perbankan syariah, yang dilihat dari sisi marketing maupun lingkungan dan pemasaran.


Foto bersama Sumantri, Ketua Sidang, Sekretaris, Promotor, Penguji Eksternal, para Co Promotor dan para Penguji--

“Ternyata dari hasil penelitian menunjukan, bahwa srtategi marketing dan kinerja marketing mempengaruhi kinerja keuangan perbankan syariah,” kata Promotor, Prof. Dr. H. Amri Amir, S.E.,MS Jum’at (6/1) lalu.

Menurutnya, model yang dikembangkan adalah salah satu bahwa kinerja keuangan itu tidak saja dipengaruhi oleh strategi pemasaran, tapi bisa dipengaruhi oleh lingkungan perusahaan sebagai moderasi. Artinya lingkungan yang bagus bisa meningkatkan kinerja keuangan disektor perbankan syariah.


Foto bersama Sumantri dan keluarga, Ketua Sidang, Sekretaris, Promotor para Co Promotor dan para Penguji--

“Kalau kita lihat perbankan syariah di Indonesia ini, masih belum bisa menyaingi bank konvensional, karena memang masih baru dan berkembang. Mudah-mudahan kedepan dari hasil penelitian ini, bank-bank syariah khususnya di Jambi, bisa meningkatkan kinerja keuanganny kita sharenya diperbankan nasional. Bank syariah di Jambi pun bisa berkembang lebih baik, karena penduduk di Jambi sekitar 95 persen adalah muslim. Kalau bukan kita yang muslim siapa lagi yang dapat mengembangkan perbankan syariah,” jelasnya.

Sementara, Promovendus Sumantri menambahkan, latar belakang dirinya mengambil tema disertasi tersebut berdasarkan fenomena mayoritas masyarakat di Jambi adalah beragama Islam. Apa tidak ada kemungkinan bank-bank syariah di Jambi bisa sejajar dengan bank konvensional, baik dari pertumbuhan maupun gerai layanan.


Sumantri bersama istri dan anak--

“Kebaradaan masyarakat muslim di Jambi sangat mendukung pengembangan bank-bank syariah. Semoga disertasi kami juga dapat berguna bagi pengambil kebijakan terutama pejabat dibank-bank syariah,” tandas Sumantri.

Dalam Ujian Promosi Doktor Ekonomi FEB-Unja kali ini, bertindakselaku Ketua Sidang yang juga Dekan FEB - Unja Dr. H. Junaidi, S.E.,M.Si, Sekretaris yang juga Ketua Prodi Doktor Ekonomi Prof. Dr. Johannes, S.E.,M.Si, Penguji Eksternal Dr. H. Rizqullah, M.B.A, Promotor Prof. Dr. H. Amri Amir, SE, MS, Co Promotor  Dr. Rike Setiawati, SE MM dan Dr. H. Tona Aurora Lubis, S.E.,M.M, Penguji Dr. H. Zamzami, S.E.,M.Si dan Dr. Asep Machpuddin, S.E., M.Si.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: