Keren! Ada Jalan Tol Berterowongan Lintasan Gajah, Jokowi Sempat Ngintip Gajahnya Lagi Lewat, Ini Kata Jokowi

Keren! Ada Jalan Tol Berterowongan Lintasan Gajah, Jokowi Sempat Ngintip Gajahnya Lagi Lewat, Ini Kata Jokowi

Presiden Joko Widodo meninjau perlintasan gajah di KM 12 ruas tol Pekanbaru-Dumai, Foto: tangkap layar presidenri.go.id--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Jalan tol trans Sumatera telah menyisakan banyak cerita selama pembangunannya. Salah satu yang menarik adalah terdapat terowongan khusus untuk lintasan gajah.

 

Terowongan ini dibangun di bawah ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai Provinsi Riau, Terowongan dibangun di enam tempat di sepanjang ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai.

 

Presiden RI Jokowi telah meninjau langsung lokasi salah satu terowongan lintasan gajah, tepatnya di KM 12 pada Kamis (5/1). Dari ketinggian struktur badan tol Pekanbaru-Dumai, Jokowi sempat ngintip beberapa gajah sedang lewat beraktivitas di sekitar jalan tol yang ada terowongan gajahnya itu.

 

Kata Jokowi,  pembangunan tol tidak boleh mengganggu perlintasan satwa yang dilindungi, seperti Gajah Sumatera yang ada di Riau ini. 

Pembangunan infrastruktur katanya harus tetap menjaga kelestarian satwa liar.  Tak hanya di Riau, hal ini kata Jokowi juga akan dilakukan di tempat lain.

 

“Saya kira beberapa tempat memang kita membangun terowongan-terowongan, lintasan untuk hewan-hewan yang dilindungi tersebut,” tutur Presiden.

 

Sementara itu, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Riau Genman S. Hasibuan mengatakan pembangunan terowongan gajah di jalan tol Pekanbaru-Dumai adalah  langkah adaptasi atas pembangunan ruas jalan tol yang telah membelah habitat gajah di dua kota dan dua kabupaten di Provinsi Riau.

 

Total populasi gajah di area ini mencapai 76 ekor.  “Kami dari Balai Besar KSDA Riau bekerja sama bersama Hutama Karya untuk membuat terowongan gajah sehingga gajah itu pergerakannya tidak terganggu,” ungkapnya.

 

Terowongan ini dibangun pada jalan Tol Pekanbaru - Dumai Seksi 4. Semua terowongan akan menjadi  Perlintasan Gajah Agar tetap terhubung dengan 8 Kantung Gajah-Gajah tersebut tinggal yang tersebar di bagian sisi kiri dan kanan tol berdiri.

 

Adapun enam perlintasan pertama di Sungai Takuana lokasinya di Seksi 2 dan tidak jauh dari Pusat Latihan Gajah Minas di Kabupaten Siak. Kemudian lima perlintasan lainnya berada di Seksi 4 dekat dengan Suaka margasatwa Balai Raja.

 

Terowongan Perlintasan Gajah di tol Pekanbaru-Dumai ini dibuat juga untuk menjaga keselamatan para pengguna Jalan Tol. 

 

Struktur bangunan terowongan lintasan Gajah ini telah dibuat menyesuaikan dengan habitat aslinya di alam. Berukuran clearance 5,1 meter dan Lebar 40 meter. Pada bagian kiri dan kanan jalan yang ada disekitar Terowongan Perlintasan Gajah tersebut dibuat pagar pengaman agar satwa-satwa tersebut aman dan selalu terjaga ekosistemnya.

 

Jalan Tol Pekanbaru - Dumai telah meningkatkan dan memudahkan akses Pekanbaru sebagai ibukota Provinsi Riau sekaligus kota bisnis dan Dumai sebagai kota pelabuhan, dengan industri perminyakan yang maju, dan agribisnis.

 

Jalan tol ini akan terintegrasi dengan konektivitas kawasan dan memperlancar arus distribusi barang dari pusat industri ke berbagai wilayah di wilayah Sumatera.

 

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 Km merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang sudah dibangun sejak tahun 2016 terdiri dari 6 Seksi, yaitu Seksi 1 Pekanbaru-Minas (9,5 Km), Seksi 2 Minas-Petapahan (24,1 Km), Seksi 3 Petapahan-Kandis Utara (16,9 Km), Seksi 4 Kandis Utara-Duri Selatan (26,25 Km), Seksi 5 Duri Selatan-Duri Utara, dan Seksi 6 Duri Utara-Dumai (25,44 Km). 

 

Setelah melihat langsung perlintasan gajah tersebut, Presiden dan rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Rokan Hilir.

 

Kunjungan Jokowi ke Riau kali ini sekaligus meresmikan Tol Pekanbaru - Bangkinang. I. Tol Pekanbaru - Bangkinang memiliki panjang 30,9 Kilometer. 

 

Tol ini merupakan bagian dari ruas  tol Pekanbaru-Padang. "Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim pada siang hari ini saya resmikan Jalan Tol ruas Pekanbaru - Padang Seksi Pekanbaru - Bangkinang di Kabupaten Kampar dan Provinsi Riau," ujar Presiden Jokowi lalu diiringi dengan suara sirine.

 

Ini merupakan jalan tol kedua yang dibangun setelah sebelumnya dibangun tol Pekanbaru-Dumai. Kata Jokowi Tol Pekanbaru-Dumai sudah beroperasi sangat baik dengan dengan traffic kendaraan sudah melebihi  7.507 kendaraan.

 

Sementara jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang ini menghubungkan dua provinsi tetangga, yaitu Sumatera Barat dan Provinsi Riau. Tol ini merupakan sirip atau bagian dari koridor pendukung Jalan Tol Trans Sumatera yang akan menghubungkan daerah yang berada di Provinsi Riau dan Sumatera Barat.

 

Tol Pekanbaru - Bangkinang ini  juga telah memangkas waktu tempuh dari sebelumnya satu setengah jam menjadi 30 menit perjalanan.

 

Bahkan Presiden Jokowi langsung membuktikan sendiri waktu tempuh tol ini. Jika sebelumnya Pekanbaru - Bangkinang memakan waktu 1,5 jam, saat dibuktikan oleh Jokowi, hanya membutuhkan waktu tak sampai setengah jam. "Tadi saya cek sendiri 23 menit,” kata Presiden Jokowi.

 

Presiden berharap dengan beroperasinya jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang ini, dapat meningkatkan daya saing, produktivitas di Kabupaten Kampar dan sekitarnya. 

 

"Sehingga nantinya Jalan Tol ini akan disambungkan dengan lingkar Pekanbaru yakni dari arah Dumai, Pekanbaru dan Bangkinang akan tersambung ke arah Padang," lanjutnya. (*)

 

Artikel ini mengutip data dari bpjt.pu.go.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: