Wajib Diketahui Sebelum Diterapkan, Ini Kisaran Biaya Pemasangan Tangki Bahan Bakar CNG di Mobil

 Wajib Diketahui Sebelum Diterapkan, Ini Kisaran Biaya Pemasangan Tangki Bahan Bakar CNG di Mobil

komponen yang perlu disiapkan bagi kendaraan yang ingin beralih dari BBM ke CNG -disway.id---

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID– Menjelang aturan baru BBM diterapkan pada tahun awal tahun 2023, Compressed Natural Gas (CNG) ramai dibicarakan.

CNG digadang-gadang bakal menggantikan peran BBM sejuta umat Pertalite.

Namun sebelum benar-benar nantinya bahan bakar CNG diberlakukan secara umum, wajib untuk mengetahuinya lebih detail tentang CNG.

Dan yang lebih penting wajib mengetahui seluk beluk tentang pemasangan tangki CNG di mobil ataupun motor.

Sebab, biaya pemasangan tangki CNG untuk mobil dan motor ada yang sampai jutaan rupiah.

Meskipun sebenarnya ada juga yang gratis.

Dilansir disway.id, secara umum, ongkos pemasangan tangki CNG untuk mobil bisa berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 8 juta. Lumayan bukan?

Konverter Kit Gratis

Dalam rangka mendorong penggunaan BBG berupa CNG untuk transportasi jalan, menteri dapat memberikan bantuan konverter kit gratis berikut dengan pemasangannya.

Bantuan konverter kit gratis berikut pemasangannya untuk satu kali kepada kendaraan dinas dan kendaraan bermotor angkutan penumpang umum.

Penyediaan dan pemasangan konverter kit untuk kendaraan dinas dan kendaraan bermotor angkutan penumpang umum dilaksanakan oleh BUMN.

Penyediaan dan pemasangan konverter kit untuk kendaraan dinas dan kendaraan bermotor angkutan penumpang umum dapat dilakukan dengan menggunakan APBN atau anggaran BUMN penerima penugasan.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Utama PGN M Haryo Yunianto menjelaskan Haryo memaparkan target konversi untuk sepeda motor sebanyak 100 ribu unit. 

Ukuran tabung CNG berukuran 14 x 53 cm, ukuran ini cukup ringkas sehingga memungkinkan penempatan yang aman di sebelah kiri dan kanan kolom kemudi tanpa mengurangi kenyamanan berkendara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: