UIN Jambi Raih Peringkat 13 Kampus Ramah Disabilitas Versi Unesa-Dimetric

  UIN Jambi Raih Peringkat 13 Kampus Ramah Disabilitas Versi Unesa-Dimetric

1. UIN STS Jambi Raih Peringkat 13 Versi Unesa-Dimetric--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - UIN STS Jambi kembali membawa prestasi, kali ini bertepatan dengan Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang bertemakan 'solusi transformatif untuk pembangunan inklusif: peran inovasi dalam mendorong dunia yang dapat diakses secara adil', diperingati pada tanggal 3 Desember 2022 Pusat Kajian Disabilitas (PKD) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi mengikuti Perangkingan Kampus Dunia Unesa-Dimetric yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Surabaya.

Setelah melengkapi 10 (sepuluh) indikator penilaian meliputi: kepemimpinan, perencanaan strategis, kebijakan khusus inklusi, kelembagaan, kerja sama organisasi disabilitas, sarana-prasarana, akomodasi yang layak, siswa-karyawan, pendidikan dan penelitian-pengabdian masyarakat. UIN STS Jambi meraih peringkat ke-13 dari 125 kampus di dunia yang ikut berpartisipasi tahun ini. Pengumuman perengkingan Unesa-Dimetric Awards yang diselenggarakan Kamis (8/12) secara luring serta daring melalui kanal zoom meeting dan youtube resmi Universitas Negeri Surabaya.

 

"Alhamdulillah, satu lagi capaian UIN STS Jambi di pentas perangkingan dunia," ungkap Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Suaidi, MA., P.h.D., yang sangat merespon baik capaian PKD UIN Jambi ini. 

 

Peraihan rangking ke-13 ini menjadi salah satu capaian UIN STS Jambi di pentas perangkingan dunia. Hal tersebut sesuai dengan visi UIN STS Jambi sebagai “Lokomotif Perubahan Sosial Unggul Nasional menuju internasional dengan semangat moderasi dan entrepreneurship Islam”. 

 

Unesa-Dimetric adalah pemeringkatan kampus ramah disabilitas pertama di dunia. Tujuannya untuk mewujudkan lingkungan pendidikan yang ramah bagi penyandang disabilitas. Selain itu, juga bertujuan untuk mengupayakan terciptanya inovasi program dan pertukaran ide dalam mendukung pendidikan yang SETARA (Sustainable, equality, accountable dan responsible).

 

"Tentu kita bangga dengan hasil perangkingan kampus ramah difabel yang baru diikuti kali ini. Semoga kita dapat terus meningkatkan pelayanan bagi mahasiswa difabel di UIN STS Jambi”, ucap Wakil Rektor Akademik dan Kelembagaan, Dr. Rofiqoh Ferawati, S.E., M.E.I.

 

Ketua PKD UIN STS Jambi, Dr. H. M. Syahran Jailani, M.Pd., menyatakan cukup puas dengan hasil penilaian Unesa Dimetric Awards 2022 karena perdana bagi UIN STS Jambi berpartisipasi dan menempati posisi ke-13. 

 

“Hal ini menjadi kado istimewa bagi mahasiswa difabel UIN STS Jambi pada peringatan HDI 2022. Ke depannya, saya berharap ini menjadi batu loncatan bagi PKD agar bisa lebih maksimal mewujudkan kampus inklusi ramah difabel. Semoga UIN STS Jambi dapat menjadi yang terbaik untuk kemajuan lembaga khususnya bagi pelayanan disabilitas”, ujarnya. (Uci)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: