FTK UIN Jambi Gelar Pengabdian Masyarakat, Dorong Peningkatan Kecakapan Teknologi Digital Guru MGMP MTS

FTK UIN Jambi Gelar Pengabdian Masyarakat, Dorong Peningkatan Kecakapan Teknologi Digital Guru MGMP MTS

FTK UIN Jambi Gelar Pengabdian Masyarakat, Dorong Peningkatan Kecakapan Teknologi Digital Guru MGMP MTS--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Prodi Tadris Matematika FTK UIN STS Jambi https://uinjambi.ac.id/w3/ melakukan kolaborasi dalam melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan dosen dan mahasiswa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan sebagai pengaktualan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian kepada masyarakat kali ini dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan kepada salah satu komunitas guru yaitu MGMP Matematika Rayon 2 MTs se-Kota Jambi dengan tema Upaya Peningkatan Kecakapan Teknologi Digital Bagi Guru MGMP MTs/SMP kota Jambi. Kegiatan ini dilaksanakan secara bladed dimana pada pertemuan pertama dilakukan secara offline di ruang kelas gedung Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi pada Jumat, (25/11). Kemudian, untuk pertemuan kedua dan ketiga dilakukan secara online menggunakan aplikasi Zoom pada 3-4 Desember 2022.

Kegiatan pengabdian dibuka oleh ketua pengabdian sekaligus Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan yaitu ibu Prof. Risnita, M.Pd. Sebelum membuka kegiatan pengabdian beliau secara khusus mengucapkan selamat hari guru kepada seluruh peserta yang hadir. Dalam sambutannya beliau juga mengungkapkan bahwa kegiatan pengabdian seperti ini harus sering dilakukan sebagai wujud sinergi antara perguruan tinggi dan sekolah. Saat ditemui secara terpisah ketua MGMP Matematika Rayon 2 MTs se-Kota Jambi ibu Martini, S.Pd mengemukakan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian yang dilaksanakan dan mengharapkan para guru memanfaatkan kegiatan ini dengan maksimal agar dapat menjadikan dan menggunakan aplikasi Liveworksheets yang disampaikan pemateri sebagai salah satu alternatif dalam proses pembelajaran. Beliau berharap kegiatan pengabdian ini yaitu penggunaan aplikasi Liveworksheets dapat membantu para guru dalam meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam belajar matematika. 

Kegiatan pengabdian dalam bentuk pelatihan dan pendampingan penggunaan aplikasi Liveworksheets dalam pembelajaran matematika di MGMP Matematika Rayon 2 MTs se-Kota Jambi ini dibagi menjadi 5 sesi yaitu (1) Introduction; (2) Connection; (3) Application ; (4) Reflection dan (5) Extension.

Kegiatan Introduction peserta menerima materi dari pemateri yakni Ibu Defina Dwi Bulan, S.Pd., M.Sc, beliau menyampaikan latar belakang, tujuan, dan garis besar materi yang akan dipelajari. Kemudian pada sesi Connection peserta bersama pemateri berdiskusi dan mempraktikkan penggunaan aplikasi Liveworksheets. Selanjutnya pada sesi Application, peserta mengaplikasikan materi yang telah didiskusikan dan disampaikan oleh pemateri  dengan melakukan kegiatan: Latihan membuat soal pilihan ganda pada aplikasi Liveworksheets. Terakhir pada sesi Reflection pemateri beserta peserta merefleksi apa itu aplikasi Liveworksheets dan mengapa perlu aplikasi Liveworksheets bagi guru dan memberikan penguatan-penguatan serta melakukan review latihan yang telah dikerjakan peserta. Terakhir pada kegiatan Extension menyarankan guru untuk senantiasa memperbaharui dan memberikan variasi penggunaan Liveworksheets dengan berbagai tools yang ada dan memberikan pengayaan.

Kegiatan pengabdian  ini terlaksana dengan baik dan sukses, ditambah pula antusias  dan  sambutan  positif para guru dalam  proses pelaksanaan pelatihan dan pendampingan penggunaan aplikasi Liveworksheets untuk pembelajaran matematika pada MGMP Matematika Rayon 2 MTs se-Kota Jambi. Dari kegiatan pengabdian ini diharapkan para guru dapat memanfaatkan aplikasi Liveworksheets dalam pembelajaran matematika di kelasnya. Pihak MGMP Matematika Rayon 2 MTs se-Kota Jambi berharap akan ada lagi pendampingan seperti ini dilakukan oleh dosen UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, tetapi dengan tema yang berbeda-beda. (Tim PkM Prodi Tadris Matematika FTK UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: