UIN Jambi Luncurkan ESI-BLU Tingkatkan Layanan Keuangan Efektif dan Efisien

 UIN Jambi Luncurkan ESI-BLU Tingkatkan Layanan Keuangan Efektif dan Efisien

Kepala Biro Administrasi Umum, Kepegawaian dan Keuangan (AUPKK) Hj. Sri Ilham Lubis, M.Pd., saat melakukan peluncuran ESI-BLU--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Guna meningkatkan layanan kepada civitas akademika khususnya dalam pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum (BLU), Rektor UIN STS Jambi https://uinjambi.ac.id/w3/, Kamis (1/12) resmi meluncurkan Elektronik Sistem Informasi Badan Layanan Umum (ESI-BLU).

ESI-BLU merupakan sistem berbasis web sebagai pintu gerbang layanan Pengelolaan Keuangan BLU yang merupakan project perubahan yang dilakukan sebagai salah satu peserta dari pelatihan kepemimpinan nasional tingkat II angkatan 22 tahun 2024 yang menjadi kerjasama antara lembaga administrasi negara dengan Kementerian Agama.


Peserta melalui zoom--

Aplikasi ini dibuat berdasarkan atas 3 regulasi yaitu pertama, Peraturan Presiden No. 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik. Kedua Peraturan Menteri Keuangan No. 129 tahun 2020 tentang pedoman pengelolaan Badan Layanan Umum dan ketiga, Peraturan Menteri Agama nomor 788 tahun 2021 tentang pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik dan mewujudkan integrasi infrastruktur dan aplikasi.

Rektor UIN Jambi https://uinjambi.ac.id/w3/, Prof. Dr. H. Su’aidi,MA.,Ph.D., mengapresiasi project perubahan yang dilakukan oleh Kepala Biro AUPKK. Rektor menegaskan dirinya akan melakukan evaluasi terhadap project-project perubahan sebelumny dan meminta aplikasi ESI-BLU yang dirilis hari ini dapat terintegrasi dengan aplikasi yang dimiliki oleh Kementerian Agama.

“Saya berharap project perubahan ini tidak hanya sebatas memenuhi kewajiban namun harus dipastikan ada keberlanjutan dan dampak positif dari project perubahan tersebut agar tidak seperti yang sebelumnya,” jelas Rektor.

Ditambahkannya, saat ini pelaporan status kepegawaian UIN Jambi di Kementerian Agama terbaik se-Indonesia. Jika project perubahan ini berjalan lancar dan berhasil, tidak menutup kemungkinan project perubahan ini dilanjutkan menjadi project perubahan nasional bahkan internasional.

Sebelum adanya aplikasi ESI-BLU, pengelolaan keuangan masih dilakukan secara manual sehingga mengakibatkan tidak adanya kepastian waktu dalam proses penyelesaian dokumen sejak dari pengajuan sampai dengan laporan keuangannya dan menjadi kurang transparan. Dengan adanya aplikasi ESI-BLU yang bersifat paperless diharapkan sistem informasi tersajikan secara cepat, tepat dan akurat. Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan pimpinan sebagai media alat kontrol terhadap realisasi penyerapan anggaran dan bagi lembaga aplikasi ini diharpakan dapat memenuhi kebutuhan perkembangan teknologi dan informasi dalam transformasi digital.

“Pastinya dengan ESI-BLU ini kita harapkan dapat meningkatkan pengelolaan keuangan BLU sehingga lebih efektif dan efisien,” jelas Kepala Biro Administrasi Umum, Kepegawaian dan Keuangan (AUPKK) Hj. Sri Ilham Lubis, M.Pd. (uci)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: