Dosen FEB UNJA Bimbing UMKM Buat Laporan Keuangan Berstandar SAK EMKM

Dosen FEB UNJA Bimbing UMKM Buat Laporan Keuangan Berstandar SAK EMKM

Dosen FEB UNJA Bimbing UMKM Buat Laporan Keuangan Berstandar SAK EMKM --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jambi (UNJA) telah mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menyampaikan materi tentang Pelatihan  Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas  Menengah, Kecil, dan Mikro pada UMKM.

Kegiatan itu dilangsungkan di Kantor Desa Pematang Gajah, Muaro Jambi beberapa waktu lalu, yaitu tepatnya pada Jumat (2/9/2022) dengan jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 18 orang.

 

Dosen yang mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu Dr. Fitrini Mansur S.E., M.Si.  CIQnR (Ketua), Riski Hernando, S.E., M.Sc (Anggota), Eko Prasetyo, S.E., M.Sc., Ak.CA (Anggota). Adapun materi yang disampaikan adalah memberikan pemahaman unsur-unsur laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM, yaitu laporan posisi keuangan pada akhir periode, laporan laba rugi selama periode, dan catatan atas laporan keuangan yang berisi tambahan dan rincian pos-pos tertentu yang relevan.

 

Ketua Pelaksana kegiatan, Dr. Fitrini Mansur S.E., M.Si. CIQnR mengatakan, laporan keuangan merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban UMKM walaupun masih kategori usaha mikro. Laporan keuangan merupakan catatan informasi keuangan suatu entitas yang dapat menggambarkan kinerja UMKM tersebut pada suatu periode akuntansi. Laporan keuangan dibuat untuk  menyajikan   informasi  mengenai  kinerja UMKM dan berguna untuk mengambil keputusan bisnis. “Atas dasar tersebut UMKM perlu memperhatikan pengelolaan  keuangannya baik dalam hal penerimaan maupun pengeluaran, sehingga UMKM  dapat mengambil keputusan yang tepat untuk bertahan,” katanya.

 

Dengan adanya pelatihan dan pendampingan yang telah dilaksanakan oleh dosen FEB UNJA, diharapkan dapat membantu UMKM untuk dapat mempertahankan eksistensinya. Hal ini juga,  sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi bahwa pengabdian  kepada masyarakat harus memberikan dampak yang positif bagi objek  pengabdiannya. 

 

Fitrini menambahkan, laporan keuangan digunakan sebagai dasar keputusan atau kebijakan kedepannya untuk menyusun strategi baik jangka pendek dan jangka panjang. Laporan keuangan menampilkan gambaran kinerja perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dan digunakan untuk membandingkan antara jumlah pendapatan yang masuk dan pembiayaan yang keluar pada suatu periode tertentu. “Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman kader UMKM tentang laporan keuangan sederhana berdasarkan SAK EMKM terutama di Desa Pematang Gajah, Muaro Jambi,” imbuhnya. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: