Sosialisasi “Geopark Goes to School” di SMAS Adhyaksa

Sosialisasi “Geopark Goes to School” di SMAS Adhyaksa

Kegiatan sosialisasi Geopark Nasional Merangin di SMAS Adhyaksa Kota Jambi--

Dalam rangka mendukung Geopark Nasional Merangin menuju Unesco Global Geopark (UGG) 

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Program Studi Teknik Geologi, Jurusan Teknik Kebumian, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi, bersama dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (HMTG) Mengkarang.

Telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, berupa Sosialisasi Pengenalan Geopark Nasional Merangin pada tanggal 14 September 2022 di SMAS Adhyaksa Kota Jambi. Kegiatan diketuai oleh Ir. Yulia Morsa Said, M.T., dengan anggota yang terdiri dari Anggi Deliana S, S.T., M.T., Ir. Hari Wiki Utama, S.T., M.Eng., D.M. Magdalena Ritonga, S.T., M.T., dan Bagus Adhiyta, S.T., M.T., yang merupakan dosen di Program Studi Teknik Geologi Universitas Jambi.

Sosialisasi pengenalan Geopark Nasional Merangin kepada siswa dan siswi SMA dilakukan, untuk memberikan pemahaman dan dukungan untuk mendeklarasikan Kawasan Geopark Nasional Merangin sebagai UNESCO Global Geopark (UGG). Selain untuk mendapatkan pengakuan global, deklarasi tersebut dilakukan untuk mendapatkan perlindungan hukum internasional, untuk dapat selalu menjaga potensi dan kelestarian bumi, flora dan fauna hingga budaya yang berkembang di Kawasan Geopark Nasional Merangin.

Hal tersebut merupakan salah satu kriteria bagi geopark untuk diakui sebagai UNESCO Global Geopark (UGG) yaitu kriteria pendidikan. sebagaimana disebut dalam Guidelines and Criteria of National Geoparks seeking UNESCO’s assistance to join the Global Geoparks Network (UNESCO, 2006), kriteria penetapan geopark internasional adalah ukuran dan parameter, manajemen pengelolaan, pengembangan ekonomi, aspek pendidikan, aspek konservasi dan perlindungan serta kerjasama jaringan global.

Kegiatan Sosialisasi ini diikuti oleh siswa siswi SMAS Adhyaksa Kota Jambi, dengan agenda pemaparan tentang Geopark Merangin dan penjelasan tentang Kawasan Geopark Merangin yang dapat  digunakan sebagai laboratorium alam, edukasi pembelajaran terkait keberagaman hayati dan budaya serta tentang ilmu geologi secara menyeluruh di Kawasan Geopark Nasional Merangin.

Kegiatan Sosialisasi series 1 ini merupakan awal dari pengenalan Geopark Merangin ke Sektor Pendidikan, untuk kemudian akan dilaksanakan di sekolah-sekolah lain di Provinsi Jambi. Kedepannya diharapkan baik pelajar maupun pengajar dapat terus mendukung Geopark Nasional Merangin Jambi menuju UNESCO Global Geopark (UGG). (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: