Kampus dan Bawaslu Bersinergi Dalam Meningkatkan Pasrtisipasi Perempuan Dalam Pengawasan Pemilu Tahun 2024

Kampus dan Bawaslu Bersinergi Dalam Meningkatkan Pasrtisipasi Perempuan Dalam Pengawasan Pemilu Tahun 2024

--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Dalam rangka persiapan pemilu 2024 berbagai kegiatan dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Batang Hari diantaranya Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif  “Perempuan Cerdas”. Sosialisasi dengan tema “Cermat dalam Berpastisipasi Mengawasi Tahapan Pemilu 2024” telah dilaksanakan pada tanggal 16-17 November 2022 di Aula Balai Guru Penggerak Provinsi Jambi Kabupaten Batanghari.

 

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Dosen UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yakni Ibu Titin Agustin Nengsih, S.Si., M.Si., Ph.D sebagai Narasumber. Beliau menyampaikan pentingnya partisipasi perempuan dalam membangun demokrasi yang menjadi dasar pembangunan negara Indonesia.

 

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Bapak Iskandar, S.E.,M.E selaku Anggota Bawaslu Kabupaten BATANGHARI dalam Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipatif Masyarakat dan Humas. Sosialisasi yang dimoderatori oleh Ibu Fithri Kartika Sari ini cukup berjalan aktif. Pelaksanaan kegiatan dibuka dengan penyampaian materi dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Para peserta yg berasal dari perwakilan berbagai organisasi seperti PKK, BKMT,n Fatayat NU, Muslimat,dan ormas perempuan lainnya. Tampak antusias peserta ketika memasuki sesi tanya jawab sehingga narasumber Ibu Titin Agustin Nengsih, S.Si., M.Si., Ph.D juga menjadi turut bersemangat dalam menjawab beberapa pertanyaan dari peserta.

 

Perempuan yang menempuh pendidikan S3 di Starsbourg, Perancis ini juga menyampaikan bahwa perempuan Indonesia saat ini memiliki peran dan posisi yg sama dengan laki-laki dalam demokrasi. Hal ini dibuktikan dengan persentase perempuan yg tidak bisa diabaikan dalam legislatif. Sehingga diharapkan dengan adanya partisipasi aktif perempuan dalam demokrasi dapat turut serta membantu tercapainya pembangunan berkelanjutan dan perdamaian. (uci/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: