Kembali Ikut Serta Perengkingan Dunia UIN STS Jambi Submit Borang THE Impact Ranking 2023

Kembali Ikut Serta Perengkingan Dunia UIN STS Jambi Submit Borang THE Impact Ranking 2023

1. UIN STS Jambi Submit Borang THE Impact Ranking 2023--

Interaksi antara universitas dengan wilayah tempatnya berada haruslah sehat dan bisa bertahan untuk generasi yang akan datang. Dimanapun universitas berada, baik kota maupun desa, kelangsungan untuk generasi yang akan datang harus tetap diprioritaskan. Partisipasi universitas tidak hanya pada sektor lingkungan, tapi juga pada warisan budaya dan sejarah yang sangat kaya di Provinsi Jambi khususnya.

SDG12: Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab (Responsible Consumption and production)

Roda perekonomian dunia digerakkan oleh produksi daripada produk – produk konsumsi. Hal ini merupakan hal yang baik jika dapat dikelola secara bertanggung jawab. Efisiensi dalam rantai produksi dan konsumsi adalah kunci, Universitas dalam hal ini diharuskan untuk efisien dalam penggunaan sumber daya dan meminimalisir limbah.

SDG13: Penanganan Perubahan Iklim (Climate Action)

Indikator ke 13 ini mengukur bagaimana universitas berperan serta dalam mengatasi isu – isu perubahan iklim melalui riset dan pendidikan yang sadar lingkungan,  dan menjadi pelaku utama dalam penggunaan karbon rendah. 

SDG14: Ekosistem Lautan (Life Below Water)

Lautan, dan sungai serta daerah aliran sungai yang terhubung dengannya, adalah bagian terbesar dari ekosistem kita. 40% populasi dunia berada pada jarak 100 km dari pantai, dan kita semua bergantung – secara langsung atau tidak langsung – pada laut. Sehingga penting bagi universitas untuk ikut serta dalam upaya perlindungan dan peningkatan eksosistem perairan seperi danau, kolam, sungai, muara dan lautan lepas.

SDG15: Menjaga ekosistem darat (Life on Land)

SDGs ke 15 mengukur bagaimana universitas berperan dalam menjaga ekosistem daratan, sehingga dapat diwariskan bagi generasi yang akan datang. Isu tentang kristisnya kondisi keanekaragaman hayati menjadi perhatian penting saat ini. Universitas harus menjadi bagian dari gerakan ini dengan mengelola hutan kampus secara berkelanjutan. Menghentikan degradasi lahan dan melakukan upaya untuk menjaga keanekaragaman hayati.

SDG16: Perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh (Peace, Justice and Strong Institutions)

Universitas hadir tidak hanya sebagai Lembaga Pendidikan, namun juga menjadi bagian dari masyarakat. Yang harus ikut serta dalam upaya mewujudkan kedamaian, keadilan dan penguatan institusi pemerintah. Melalui SDG ini, universitas diharuskan berperan secara langsung baik melalui riset maupun pendampingan. Pada organisasi pemerintah dalam hal penegakan hukum dan mencipatakan kedamaian melalui kebijakan publik yang baik.

SDG17: Kemitraan untuk mencapai tujuan (Partnership for the Goals)

Pada akhirnya, kita tidak hidup sendirian di planet ini, termasuk universitas. Kolaboras adalah kunci, kampus harus melakukan kemitraan dengan segala stakeholder dari berbagai latar belakang, dan berbagai level baik lokal, regional maupun nasional dan internasional untuk mencapai tujuan – tujuan yang telah disebutkan diatas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: