Dosen Poltekkes Kemenkes Jambi Lakukan PKM Pengembangan Desa Mitra

Dosen Poltekkes Kemenkes Jambi Lakukan PKM Pengembangan Desa Mitra

Foto bersama--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dosen Poltekkes Kemenkes Jambi melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Desa Mitra. Kegiatan ini diketuai Supriadi, S.Pd.,M.Sc dengan beranggotakan Susy Aryani, S.Pd.,M.Sc dan Krisdayanta, S.Pd.,M.Kes.

"Kegiatan PKM merupakan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh civitas akademik yang menduduki jabatan fungsional (dosen, red)," kata Ketua Supriadi, S.Pd.,M.Sc Jum'at (17/11).


Sosialisasi pembuatan SPAL di Desa Muaro Pijoan dalam Dosen Poltekkes Kemenkes Jambi Lakukan PKM Pengembangan Desa Mitra--

Adapun PKM  Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) ini dilaksanakan di RT 05  Desa Muara Pijoan Kabupaten Muaro Jambi. Kegiatan dilaksanakan  mulai bulan Januari – Nopember 2022.

"Alhamdulillah selama pelaksanaan kegiatan berlangsung lancar, dan direspon baik oleh masyarakat setempat," terangnya.

Dikatakannya,  adapun tujuan kegiatan ini nantinya dapat meningkatkan pengetahuan, dan kesadaran masyarakat dalam Pengelolaan Air Limbah Rumah Tangga. Pelatihan masyrakat/kader dalam Pengelolaan Limbah rumah tangga ( SPAL) di Desa Muaro Pijoan Kabupaten Muaro Jambi.

"Masyarakat atau kader yang sudah dibentuk, diharapkan melakukan  pembinaan terhadap anggota masyarakat lainnya," jelasnya.

Selain itu diharapkan, dari kegiatan terdapat adanya jejaring kerjasama pihak desa dengan kelompok masyarakat dan mitra puskesmas dan tokoh desa dalam melanjutkan kegiatan pembuatan SPAL tersebut.

"Jadi usai kegiatan yang kami laksanakan, dapat berkelanjutan dilaksanakan masyarakat setempat," terangnya.

Adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam PKM Dosen Poltekkes Kemenkes Jambi tahun 2022 yakni, mensosialisasikan Pembuatan Saluran Air Limbah (SPAL), dan memberdayakan/melatih masyarakat/kader dalam  pembuatan Saluran Air Limbah (SPAL).

"Dalam kegiatan yang kami laksanakan turut dihadiri kepala desa, tokoh masyarakat, tenaga sanitasi puskesmas dan mahasiswa kesehatan lingkungan," tandasnya. (yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: