Program Studi Kesehatan Masyarakat FKIK Unja Cipta Ciptakan Safety House

Program Studi Kesehatan Masyarakat FKIK Unja Cipta Ciptakan Safety House

Program Studi Kesehatan Masyarakat FKIK Unja Cipta Ciptakan Safety House--

Pada Lingkungan Rumah Tangga di RT 23 Kelurahan Baganpete Kecamatan Alam Barajo

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Prodi Kesehatan Masyarakat peminatan K3 Fakultas Kedokteran  dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi (FKIK - Unja), menciptakan Safety House pada Lingkungan Rumah Tangga di RT 23 Kelurahan Baganpete Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi.

Ketua Tim Pengabdian, Budi Aswin, S.KM., M.Kes mengungakapkan, rumah seringkali dianggap sebagai tempat paling aman dan nyaman bagi manusia. Semua orang sudah pasti beranggapan di rumah merupakan tempat yang paling aman.

"Namun tanpa sepengetahuan kita, rumah juga bisa menimbulkan bahaya ketika penghuninya beraktivitas di sana (rumah, red). Bahaya dan risiko domestik seperti kebakaran, keracunan makanan, barang berbahaya, kecelakaan, dan lain-lain.  Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3, red), merupakan aspek penting dalam kehidupan masyarakat. Namun pada realitanya tak banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya penerapan safety house dalam meminimalisir kejadian kecelakaan yang mungkin terjadi seperti saat memasak di dapur, mencuci dan aktivitas di rumah sehari-hari," jelas Ketua Tim Pengabdian, Budi Aswin, S.KM., M.Kes Selasa (15/11).

Disamping itu, permasalahan ketatarumahtanggaan yang kurang baik juga terlihat dibeberapa rumah, seperti peletakkan peralatan dapur yang kurang rapi, dan tidak tepat sebagai contoh pisau yang memungkinkan dapat menjadi pemicu kejadian luka bagi anggota keluarga yang masih anak-anak.

"Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengaplikasikan safety house dalam kehidupan sehari-hari, maka perlu dilakukan intervensi salah satunya melalui kegiatan pengabdian masyarakat dalam mengedukasi serta melatih ibu rumah tangga di RT 23 Kelurahan Baganpete Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi, dalam meminimalisir dan mencegah risiko kecelakaan yang dapat terjadi didalam rumah," tandasnya.

Kegiatan ini diharapkan mampu membantu masyarakat dalam upaya menerapkan safety house dalam kehidupan sehari-hari, serta terciptanya kader K3 di RT 23 Kelurahan Bagan Pete Kecamatan Alam Barajo Jambi Kota Jambi. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Pengabmas) oleh Prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Jambi dilakukan pada Jumat (18/9) lalu, dimulai pukul 13.00 hingga selesai. Kegiatan Pengabmas Prodi Kesehatan Masyarakat Unja ini, melibatkan 30 orang ibu rumah tangga di 23 Kelurahan Baganpete Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi sebagai mitra. Kegiatan ini dibuka dengan kata sambutan oleh Ketua Tim Pengabdian Budi Aswin, S.KM., M.Kes, yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan penyuluhan materi safety house, pelatihan dalam penanganan tabung gas yang bocor dan mengeluarkan api, serta dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. 

Kegiatan pengabdian ini dapat mencapai indikator keberhasilan, dikarenakan berdasarkan hasil pre test dan post test, yang mana terjadi peningkatan pengetahuan antara sebelum dan setelah dilakukan penyuluhan terkait safety house dari nilai awal 10 menjadi 18. Kegiatan pengabdian ini sangat penting dilakukan, karena mengingat risiko dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Hal ini juga merupakan langkah awal dalam menjamin keselamatan dan kesehatan kerja dalam lingkung rumah tangga, dan bermasyarakat dengan harapan safety house ini dapat diaplikasikan secara berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. (yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: