Dosen dan Mahasiswa Teknik Lingkungan Unja Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Muaro Sebapo

Dosen dan Mahasiswa Teknik Lingkungan Unja Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Muaro Sebapo

Workshop Pengabdian kepada masyarakat dosen dan mahasiswa Teknik Lingkungan Unja--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dosen dan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Jambi (Unja), pada tanggal Sabtu (27/8) lalu, telah melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM). Ketua PPM, Febri Juita Anggraini mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru tentang pemanfaatan limbah pelepah kelapa sawit, yang biasanya hanya digunakan sebagai mulsa pada lahan sawit.

"Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Muaro Sebapo Kabupaten Muarojambi, dengan melibatkan masyarakat dan komponen desa," kata Febri Juita Anggraini Senin (14/11). Kegiatan dalam pengabdian ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu, percobaan pembuatan briket dari pelepah sawit dari Desa Muaro Sebapo dan workshop. Saat pelaksanaan workshop, dilakukan penyebaran kuesioner untuk mengetahui tingkat pemahaman warga terhadap tujuan pengabdian.

"Percobaan pembuatan briket dimulai dari tahap pengumpulan pelepah kelapa sawit yang kering," jelasnya.

Desa Muaro Sebapo memiliki satu alat pencacah sampah. Alat tersebut digunakan untuk mencacah pelepah kelapa sawit. Pelepah yang sudah dicacah akan lebih mudah diolah. Setelah itu, cacahan pelepah sawit tersebut ditimbang untuk mengetahui berapa banyak bahan baku yang digunakan.

"Untuk mengurangi kadar air yang terdapat pada bahan baku, bahan baku terlebih dahulu dijemur di bawah terik matahari lalu dilakukan pengarangan dengan cara disangrai di atas kuali," terangnya.

Hasil pengarangan tersebut disimpan di tempat yang kering. Dalam pembuatan briket ini, digunakan tepung tapioka sebagai perekat supaya briket dapat dibentuk atau dicetak.

"Setelah dicetak, briket dijemur supaya siap digunakan dan dimanfaatkan. Peserta workshop sebanyak 30 orang yang terdiri dari perangkat desa, pemuda maupun para orang tua di Desa Muara Sebapo. Antusiasme peserta terlihat dari awal kegiatan sampai berakhir," tandasnya. (yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: