Pasca Sarjana UIN Gelar Kuliah Umum Menjawab Isu dan Tantangan

Pasca Sarjana UIN Gelar Kuliah Umum Menjawab Isu dan Tantangan

Wakil Rektor 3 didampingi Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana serta panitia--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Program Pascasarjana UIN STS Jambi https://uinjambi.ac.id/, Rabu (9/11) menggelar Kuliah Umum dalam menyambut mahasiswa baru Semester Ganjil Tahun Akademik 2022-2023 di aula Kampus UIN Telanaipura. Kegiatan mengangkat tema ‘Syariah, Politik dan Negara dalam meninjau Ulang Hubungan Negara dan Syariah’. 

Kegiatan dilaksanakan secara online dan offline. Kuliah umum ini menghadirkan, Zezen Zaenal Mutaqin, SH.I, LL.M, S.J.D sebagai narasumber yang hadir secara online.


Peserta Kuliah Umum yang hadiri secara Luring--

Dalam sambutannya Rektor UIN STS Jambi https://uinjambi.ac.id/ yang diwakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN STS Jambi, Dr. Bahrul Ulum, MA mengatakan, kuliah umum ini memang acara rutin yang diadakan setahun dua kali. Dimana tema yang diangkat kali ini sangat sesuai dengan keadaan hari ini yang dihadapi dengan Pemilu Serentak 2024 dan tema yang diangkat adalah hubungan Negara dan Syariah.


Zezen Zaenal Mutaqin, SH.I, LL.M, S.J.D sebagai narasumber--

“Hal ini menjadi sangat menarik, karena negara kita yang sebetulnya bukan Negara Islam tetapi mayoritas masyarakatnya islam dan tidak menjadikan islam sebagai dasar negara dimana menjadikan Pancasila adalah dasar negara. Tetapi dalam prakteknya penerapan syariat Islam itu sebetulnya jalan,” jelas Bahrul Ulum.

Ditambahkannya, hubungan negara dan agama secara umum ada tiga, yaitu integrative atrinya terintegrasi antara agama dan negara artinya saling membutuhkan dalam prakteknya dan dalam hubungan itu setiap kebijakan itu mesti meminta sumbangsi dari agama secara terikat. Hubungan kedua Sekularisasi, dimana ada yang memisahkan antara agama dan negara dimana di Indonesia ada beberapa yang mempraktekkan walaupun sangat sedikit. 


Peserta kuliah umum yang hadir secara online--

Hubungan ketiga interkonektif, dimana pada hubungan ini saling bersinggungan, negara membutuhkan agama artinya membutuhkan nilai – nilai dan di Indonesia itu hubungannya lebih ke interkonektif secara umum melibatkan agama.

Sementara itu Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. H. Ahmad Syukri,SS.,M.Ag mengatakan, kegiatan ini diikuti mahasiswa baru semester ganjil tahun akademik 2022-2023 dan juga diikuti mahasiswa Pascasarjana lainnya. 

Kegiatan ini rutin dilaksanakan Pascasarjana UIN STS Jambi ini juga sebagai sarana untuk menjelaskan lebih dalam akan visi dan misi UIN STS Jambi, sehingga mahasiswa dapat lebih memahami sehingga dapat mendorong tercapainya visi dan misi.

“Ini kegiatan rutin kita dan kita selalu mengangkat tema sesuai dengan isu yang ada sehingga dapat membuka wawasan dan menjadi ajang saling berbagi pastinya dalam menjawab tantangan yang ada,” jelas Ahmad Syukri. (uci/adv)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: