MAL Kota Jambi Raih Akreditasi ‘A’ (Unggul)

MAL Kota Jambi Raih Akreditasi ‘A’ (Unggul)

Kepala MAL, Dr. M. Hurmaini,M.Pd--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Madrasah Aliyah Laboratorium (MAL) UIN STS Kota Jambi terus berbenah diri berupaya meningkatkan kualitas lulusannya.

Hal ini terbukti dengan diraihnya peringkat akreditasi “A”(Unggul),  berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah (BAN-SM) No: 1385/BAN-SM/SK/2022 tertanggal 6 Oktober 2022.

Akreditasi ini tidak lepas dari semangat MA Laboratorium untuk mengikuti jejak UIN STS Jambi yang saat ini sedang gencar-gencarnya meningkatkan kualitas menuju standar Internasional.

Saat ini UIN STS Jambi https://uinjambi.ac.id/ masuk dalam peringkat universitas terbaik, ranking 24 dari 25 TOP Perguruan Tinggi Indonesia versi “Time Higher Education (THE) Word University Ranking (WUR) tahun 2022-2023.

“Karena MA Laboratorium di bawah UIN STS Jambi https://uinjambi.ac.id/ yang sedang berbenah diri dalam meningkatkan kualitas, maka itu menjadi dorongan dan semangat untuk kita sehingga akreditasi Unggul ini kita dapatkan,” jelas Kepala Madrasah, Dr. M. Hurmaini, M.Pd.

Ditambahkannya, dengan diraihnya akreditasi ‘A” (unggul) ini bukanlah titik akhir tetapi awal, bagaimana harus terus mempertahankannnya dengan terus berbenah berpacu dalam meningkatkan kualitas, baik kualitas guru, kualitas proses pembelajaran, kualitas dan kuantitas siswa, kualitas pelayanan, maupun kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana madrasah. Hal ini membutuhkan komitmen, semangat, kerja keras, kerja cerdas dan kerjasama semua pihak keluarga besar MA Laboratorium untuk memajukan kualitas lulusannya, baik dari pihak kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan, seluruh siswa/I, maupun Pihak Yayasan, komite, dan orang tua peserta didik.

Bukan hanya meningkatkan kualitas di bidang akademik, MA Laboratorium juga terdepan dalam meningkatkan kualitas siswa di bidang non-akademik. MA Laboratorium memiliki berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang telah mendapatkan berbagai prestasi. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut antara lain: Pramuka, Paskibraka, PMR, UKS, Paduan Suara, kompangan, drum band, Seni Tari, Hadroh, Olahraga Club, dan lain sebagainya. Awal semester ganjil ini tiga bulan berjalan (Agustus s.d. Oktober 2022) MA Laboratorium telah memperoleh  berbagai penghargaan, antara lain: Juara I lomba penyuluhan stunting Kwarda Pramuka Provinsi Jambi hadiah piala. Kategori terbaik Lembaga Pendidikan pada kegiatan pembinaan lembaga dalam pengutamaan Bahasa Negara tahun 2022 diperoleh piala, plakat, dan piagam. Juara I dan II KSN Sain Kimia tingkat Kota Jambi 2 piala. Juara III lomba Bakiah Dinas Pariwisata Provinsi Jambi, Juara III lomba Hadang Dinas Pariwisata Provinsi Jambi diperoleh hadiah: uang pembinaan, piala, dan piagam. Juara Harapan 1 lomba baca puisi Universitas IAIMA Jambi diperoleh piala dan piagam. Duta Batik Lingkungan dalam lomba batik Dinas Pariwisata Provinsi Jambi diperoleh piala dan slempang. 

“Kita pastinya sangat mendukung berbagai kegiatan siswa/i, sehingga mereka bukan saja berprestasi di bidang akademik tetapi juga non-akademik. MA Laboratorium juga memberikan penguatan keterampilan keagamaan melalui pembiasaan praktik ibadah kepada siswa dengan berbagai kegiatan (rohis), antara lain: tahfidz Alqur’an, tahsin, tilawah, sholat dhuha setiap pagi, sholat zuhur berjamaah, nasyid, menghafalkan Alqur’an One Day one Ayat, penyelenggaraan jenazah, menghafal Asmaul Husna, berlatih berdakwa, pesantren Ramadhan, safari Ramadhan, dan lainnya,” tegas Kepala Madrasah. (Uci)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: