Pelatihan Dasar Jurnalistik bagi Calon Kontributor Jurnalistik se-Kwarda Jambi Tahun 2022

Pelatihan Dasar Jurnalistik bagi Calon Kontributor Jurnalistik se-Kwarda Jambi Tahun 2022

Ka. Kwarda Jambi saat sambutan disaksikan Waka KTI, Ketua PWI Provinsi Jambi dan Ka. Pusdiklatda--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Sesuai Jukran Nomor 2 Tahun 2021 Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka tentang Peraturan Pengorganisian Pusat Informasi Gerakan Pramuka, bahwa tujuan dibentuknya Pusinfo adalah untuk Terselenggaranya Pelayanan Informasi, Baik Didalam Maupun Diluar Lingkungan Gerakan Pramuka, tentang kebijakan kwartir serta Aktifitas dan Pendokumentasian Rangkaian Kegiatan Gerakan Pramuka, yang Sejalan dengan Rencana Strategis Gerakan Pramuka.


Penyerahan tunggul pelatihan dari Ka. Kwarda Jambi kepada Ka. Pusdiklatda--

Hal ini berarti bahwa peran pusinfo bagi kwartir sangat penting dan startegis, dalam menyebarluaskan informasi ketengah masyarakat. Atas dasar tersebut, dilaksanakanlah Pelatihan  Dasar Jurnalistik bagi Calon Kontributor Jurnalistik se-Kwarda Jambi Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Maschun Sofwan Kwarda Jambi, yang berlangsung 2-4 November.


Pengibaran bendera tunggul pelatihan--

Ketua Panitia, Kliwon, S.T dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mensinergikan fungsi kehumasan, dengan strategi pencapaian visi-misi Kwarda Jambi. Menyatukan persepsi tentang ihwal kominfo dan kominfo. Memahami istilah kepramukaan terkait penulisan pemberitaan. Menyatukan pemahaman tentang aturan pemberitaan. Sharing dan praktek pengalaman, kemampuan teknik dasar bidang, pembuatan pers rilis, straight news, future news, video dan berita bergenre video, foto jurnalistik, foto dokumentasi dan foto banner.

"Membantu solusi pemberdayaan kominfo kwarcab dalam jajaran Kwarda Jambi. Membantu solusi, terkait pembentukan kapasitas pusinfo kwarcab dan membuat komitmen bersama melalui rekomendasi," papar Ketua Panitia, Kliwon, S.T Rabu (2/11).

Sementara, Ka. Kwarda Jambi, Kak H. Sudirman, S.H.,M.H mengatakan, kegiatan pelatihan ini bukan kali pertama dilaksanakan, ini merupakan kegiatan lanjutan berupa pelatihan dasar, untuk pembinaan generasi muda dalam mewartakan lingkungan untuk disebarkan kepada masyarakat.


Foto bersama--

"Sehingga informasi yang diperoleh tersampaikan ke masyarakat dengan baik dan benar. Nantinya adik-adik akan mendapatkan ilmu mengenai kode etik jurnalistik dan kaidah jurnalistik, yang disampaikan narasumber," terang Ka. Kwarda Jambi, Kak H. Sudirman, S.H.,M.H.

Terlebih saat ini industri media sudah sangat berkembang di Indonesia, dengan banyaknya bermunculan media baru. Perkembangan media, tentu membutuhkan tenaga jurnalis yang mumpuni, untuk menyajikan pemberitaan yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Maka seseorang harus terlatih dalam penulisan berita, caranya dengan mengikuti pelatihan dasar jurnalistik. Kwarda Jambi memandang perlu pelatihan ini, dalam penguatan informasi dikwarcab-kwarcab dalam jajaran Kwarda Jambi," jelasnya.

"Banyak sekali kegiatan kepramukaan yang tidak tersampaikan dengan baik. Untuk itu keberadaan kominfo maupun kehumasan Gerakan Pramuka, dapat menjadi garda terdepan dalam penyajian pemberitaan kepramukaan," katanya.

Diperiode pertama kepimpinannya, menargetkan pencapaian 1.000 Pramuka Garuda, dan diakhir masa jabatan tercapai target 850 Pramuka Garuda. Ini disebabkan adanya pandemi Covid-19. Diperiode kedua kepemimpinannya, ditargetkan menciptakan 2.805 Pramuka Garuda. Karena Pramuka Garuda ini merupakan karir tertinggi Pramuka.

"Kami menyakini ketika Pramuka Garuda tercipta, artinya kita telah menyiapkan calon pemimpin dimasa yang akan datang. Target pencapaian ini bisa disajikan dalam bentuk pemberitaan bagi masyarakat. Sesuai tagar Kwarnas Setiap Pramuka adalah Pewarta, yang harus menyajikan pemberitaan bagi masyarakat luas," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: