UIN Jambi Ikuti Kegiatan ICON UCE 2022 di IAIN Cirebon

 UIN Jambi Ikuti Kegiatan ICON UCE 2022 di IAIN Cirebon

UIN Jambi Ikuti Kegiatan ICON UCE 2022 di IAIN Cirebon--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi tuan rumah perhelatan International Conference on University – Community Engagement (ICON UCE) 2022. ICON UCE sendiri merupakan konferensi internasional untuk mempertemukan hasil-hasil terbaik dari seluruh perguruan tinggi dari bidang pengabdian. ICON UCE dilaksanakan selama tiga hari, Senin – Rabu (24-26/10) diikuti oleh banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia.

“Sebuah perguruan tinggi hadir di depan dalam membangun episentrum peradaban. Kehadiran perguruan tinggi harus seperti mercusuar yang mampu menerangi masyarakat di sekitarnya,” ujar Dirjen Pendidikan Agama Islam Kemenag RI H.Muhammad Ali Ramdhani saat membuka kegiatan tersebut, Senin (24/10), di gedung Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Ia menambahkan, ICON UCE berkaitan dengan keinginan untuk melaksanakan darma perguruan tinggi secara kaffah.

“Tentang pelaksanaan darma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat yang dirangkai dalam ICON UCE,” tuturnya.

Menurutnya, perguruan tinggi menjadi tempat proses pendidikan dan pengajaran yang secara eksklusif mengajar kepada civitas akademika, namun pengajaran ini harus diperluas.

“Universitas yang terbaik adalah yang mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat. Proses pengajaran harus berbasis masyarakat, penelitian pun harus berbasis masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon H.Sumanta Hasyim mengatakan, pihaknya merasa bangga karena IAIN Cirebon menjadi tuan rumah perhelatan ICON UCE ke-4.

“Hal ini menjadi kebanggaan bagi civitas akademika. Melihat potensi dan kualitas yang dimiliki, utamanya diskursus pengabdian, program kampus ini dalam pengabdian mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Karenanya, kami berbangga IAIN Cirebon menjadi tuan rumah ICON UCE,” katanya.

Ia menegaskan, pengabdian masyarakat sangat penting karena mampu memberikan manfaat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Ini penting untuk jadi perhatian, ini adalah mandat dalam tri darma perguruan tinggi. Kontribusi perguruan tinggi mampu jadi terobosan dan berupaya jadi dekat dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Sumanta juga mengatakan, banyak hikmah bagi IAIN Syekh Nurjati Cirebon saat jadi tuan rumah ICON UCE tersebut.

“Hikmahnya, di antaranya sosialisasi, kita bisa dikenal secara nasional, juga dapat akses karya terbaik pengabdian seluruh perguruan tinggi,” katanya. (uci/*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: