Dosen dan Mahasiswa Jurusan Promkes Poltekkes Kemenkes Jambi Melaksanakan Pengabdian Masyarakat

Dosen dan Mahasiswa Jurusan Promkes Poltekkes Kemenkes Jambi Melaksanakan Pengabdian Masyarakat

Foto bersama Dosen dan Mahasiswa Jurusan Promkes Poltekkes Kemenkes Jambi--

Desa Mandiri Gerakan Masyarakat Sehat untuk Pengendalian Penyakit tidak Menular di  Lubuk Ruso  Kecamatan Pemayung Batang Hari Jambi Tahun 2022

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Poltekkes Kemenkes Jambi Melalui Jurusan Promosi Kesehatan melakukan pengabdian masyarakat (Pengabmas) dosen dan Mahasiswa tahun 2022 di Desa Lubuk Ruso Kecamatan Pemayung Kabupaten Batanghari. Tema PkM adalah Desa Mandiri Gerakan Masyarakat Sehat Untuk Pengendalian Penyakit Tidak Menular. Ketua Tim Pengabmas Ervon Veriza, S.KM.,MKM sekaligus Ketua Jurusan Promosi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Jambi Bersama Anggota Junita, S.Pd,M.Kes, Solihin Sayuti, S.KM.,M.Kes, Iksaruddin, S.KM.,M.Kes, Egy Sunanda Putra, S.Gz.,M.Gz dan Almuhaimin, SKM serta mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Promosi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Jambi. Ketua Tim Pengabmas, Ervon Veriza  mengatakan Kesehatan Masyarakat erat kaitannya dengan perilaku dan lingkungan. Terutama perilaku yang sangat berperan menentukan derajat kesehatan lebih dari 80 persen. Hampir 90 persen penyakit berkategori penyakit tidak menular (PTM) seperti kanker, Diabetes, HIV-AIDS, jantung, tekanan darah tinggi, stress dan lain sebagainya, sebenarnya bisa dicegah dengan perilaku hidup bersih dan sehat, antara lain pola makan yang benar, rutin melakukan aktivitas fisik, dan memeriksakan kesehatan secara berkala.


Desa Mandiri Gerakan Masayarakat Sehat di Lubuk Ruso Kecamatan Pemayung Kabupaten Batanghari--

"Hal ini didukung dengan data hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas, red) tahun 2018 yang menunjukkan bahwa 38,7 persen rumah tangga dengan PHBS baik. Demikian pula pada responden usia lebih dari 10 tahun, sebanyak 76,8 persen responden belum benar dalam perilaku cuci tangan dan 28,9 persen belum benar dalam perilaku buang air besar (BAB, red). Data yang lain menunjukkan 23,7 persen responden pernah merokok, 48,2 persen kurang aktivitas fisik, dan 93,6 persen kurang konsumsi buah dan sayur," jelas Ketua Tim Pengabmas, Ervon Veriza.

 

Tujuan pengabdian masyarakat ini, adalah untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat Desa Lubuk Ruso Kecamatan Pemayung Batanghari Jambi, dengan pemberdayaan masyarakat melalui gerakan masyarakat sehat (desa mandiri germas) dengan melaksanakan kegiatan aktivitas fisik masyarakat di desa Lubuk ruso, meningkatkan perilaku masyarakat dalam mengkonsumsi sayur dan buah, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk rutin memeriksakan kesehatannya ke pelayanan kesehatan.

"Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan pada Kamis tanggal 1 September 2022, di Desa Lubuk Ruso Kecamatan Pemayung Kabupaten Batanghari dengan melibatkan ibu-ibu rumah tangga,kelompok ibu-ibu PKK dan anak-anak usia sekolah Desa Lubuk Ruso. Kegiatan diawali dengan pre-test tentang Germas. Dilanjutkan dengan kegiatan penyuluhan kesehatan tentang Germas dan pencegahan PTM, senam mencegah diabetes Bersama kader dan masyarakat Desa Lubuk Ruso, lomba cemilan makanan sehat dan pemeriksaaan kesehatan secara rutin," terangnya.

 

Berikutnya dilakukan evaluasi untuk mengetahui keberhasilan kegiatan yang telah diberikan,sesuai target yang telah ditetapkan. Hasil pengabdian masyarakat terjadi peningkatan pengetahuan ibu-ibu setelah dilakukan Post-Tes.

"Hasil evaluasi akan dijadikan dasar untuk pelaksanaan tahun berikutnya," tandas Ketua Tim Pengabmas, Ervon Veriza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: