Dosen Farmasi UNJA Gelar Pelatihan Pembuatan Sabun Lembaran

Dosen Farmasi UNJA Gelar Pelatihan Pembuatan Sabun Lembaran

Sabun Lembaran dari kulit buah naga--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Dalam upaya aplikasi Tridharma Perguruan Tinggi, tim pengabdian masyarakat dosen Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi (FKIK-Unja), melaksanakan pelatihan pembuatan sabun lembaran dari kulit buah naga.

Pelatihan dilaksanakan pada Hari Sabtu (8/10) lalu, bertempat di di Rumah Asuhan Izzati Jannah Kota Jambi yang dihadiri oleh 23 peserta.  Pembuatan sabun lembaran ini terinspirasi dari kebutuhan masyarakat menggunakan sabun dalam mencegah Covid-19. Lembaran sabun dimaksudkan agar praktis dalam penggunaan yaitu untuk sekali pakai.


Foto bersama Prodi Farmasi FKIK-Unja--

Kulit buah naga yang biasanya dibuang kini dioptimalkan penggunaannya sebagai sabun lembaran, karena memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang baik untuk kulit. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diketuai  oleh Fathnur Sani K., M.Farm.,Apt dengan anggota Dr. Drs. Syamsurizal, M, Si; Yuliawati, S.Farm., M.Farm., Apt; Elisma, S. Farm., Apt., M.Farm dan Muhammad Syukri., S. KM., M. (Epid). Sebagai bentuk dukungan terhadap prestasi mahasiswa, maka diberikan sesi presentasi kosmetik aman oleh Adjeng Pratiwi Djatmiko yang merupakan mahasiswa Farmasi Unja Duta Kosmetik Terbaik 1 Provinsi Jambi.

“Pengabdian ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan anak-anak di rumah asuhan, agar bisa membuat sabun lembaran untuk penggunaan pribadi dan menjadi sumber inspirasi wirausaha, yang dapat dikembangkan oleh anak di rumah asuhan dan mahasiswa kedepannya," harap Fathnur Sani K.

Sementara, Pengurus Rumah Asuhan Izzati Jannah, Virda Nadrasari, SST dan mengungkapkan, bahwa dirinya sangat mendukung kegiatan ini.

“Dan kami berharap agar pengabdian ini dapat dikembangkan menjadi produk yang bernilai komersil,” tandas Izzati Jannah.

Sebagai kenang-kenangan dari tim, diserahkan juga sabun lembaran dari kulit daun naga dan kompor gas, yang sangat berguna dalam proses pemanasan untuk pembuatan sabun lembaran. Tim pengabdian sangat berterima kasih atas dana PNBP yang telah diberikan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi sehingga pengabdian ini dapat terlaksana dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: