Farmasi UNJA Gelar Pelatihan Inovasi Produk Herbal Berbasis TOGA

Farmasi UNJA Gelar Pelatihan Inovasi Produk Herbal Berbasis TOGA

Foto bersama Tim Pengabdian Dosen Prodo Farmasi FKIK Unja--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Tim pengabdian dosen Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi (FKIK-Unja), melaksanakan pelatihan inovasi dan kreasi produk herbal berbasis Tanaman Obat Keluarga (TOGA). 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diketuai  oleh Elisma, S. Farm.,Apt.,M.Farm dengan anggota Fathnur Sani K., M.Farm.,Apt, Dr. Drs. Syamsurizal, M, Si, dan Yuliawati, S.Farm.,M.Farm.,Apt.  Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (8/10) lalu, bertempat di rumah warga anggota kelompok Yasinan Annisa di RT 02, Desa Mendalo Indah Kecamatan Jambi Luar Kota. Desa Mendalo Indah, menjadi sasaran pengabdian sebagai wujud kepedulian dosen terhadap masyarakat sekitar kampus Universitas Jambi. Pengabdian dihadiri oleh 34 peserta.


Inovasi dan kreasi produk herbal berbasis TOGA--

“Pengabdian ini ditujukan untuk memaksimalkan dalam penggunaan Tanaman Obat Keluarga (TOGA, red), dalam bentuk pembuatan serbuk jahe," papar Elisma. “Pembuatan serbuk dilakukan agar praktis digunakan dan juga lebih tahan lama. Selain jahe, rimpang rempah dapur lainnya dapat dibuat serbuk dengan cara yang sama,” tambahnya.

Ketua Yasinan Annisa,  Aida Deni, S. Pd. SD mengungkapkan bahwa ibu-ibu kelompok yasinan sangat antusias pada kegiatan ini.

“Kami juga berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin dan nantinya dapat dikembangkan menjadi produk yang bernilai komersil,” tandas Annisa.

Sebagai kenang-kenangan dari tim, diserahkan produk serbuk rimpang jahe kepada setiap peserta. Tim pengabdian sangat berterima kasih atas dana PNBP yang telah diberikan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi, sehingga pengabdian ini dapat terlaksana dengan baik. (yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: