Gubernur Al Haris All Out Perjuangkan Geopark Merangin Masuk UGG

Gubernur Al Haris All Out Perjuangkan Geopark Merangin Masuk UGG

Geopark Merangin-Mulyadi Adpim-

 

Upaya penataan Kawasan Geopark Merangin ini memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar kawasan, diantaranya peningkatan akses transportasi yang jauh lebih lancar yang kemudian berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat. Selain itu, meningkatnya kunjungan wisatawan ke Kawasan Geopark Merangin yang juga turut meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya ekonomi kreatif.

 

Upaya Gubernur Jambi, Al Haris agar Geopark Merangin masuk UNESCO Global Geopark mulai menunjukkan titik terang. Pada tanggal 8 – 11 Oktober 2022 Evaluator dari UNESCO datang ke Merangin, meninjau langsung beberapa lokasi Kawasan Geopark Merangin, untuk menilai/mengevaluasi kesiapan dan kelayakan Geopark Merangin. Memang, dengan kedatangan evaluator dari UNESCO ke Kawasan Geopark Merangin, Geopark Merangin tidak serta merta memperoleh pengakuan dan sertifikasi UNESCO Global Geopark, tetapi itu bagian dari proses dan tahapan yang harus dilalui. Namun, hal itu mencermikan progres/kemajuan yang signifikan dalam upaya memperjuangan Geopark Merangin untuk memperoleh pengakuan UNESCO.

 

Di tengah segala keterbatasan, Gubernur Jambi telah berupaya maksimal untuk memperjuangkan Geopark Merangin supaya mendapat pengakuan UNESCO. Pengakuan UNESCO akan mengangkat status Geopark Merangin dalam pariwisata nasional, sehingga akan lebih banyak alokasi APBN untuk penataan Kawasan Geopark Merangin, yang selama ini tidak semuanya bisa disokong oleh APBD. Selain itu, pengakuan UNESCO akan menjadikan Kawasan Geopark Merangin menjadi destinasi wisata yang lebih dikenal, baik di tingkat nasional maupun tingkat internasional, yang selanjutnya akan meningkatkan perekonomian Kabupaten Merangin dan Provinsi Jambi, yaitu dari sisi hunian hotel dan penginapan, rumah makan dan kuliner, jasa transportasi, pemandu wisata, souvenir, dan ekonomi kerakyatan lainnya.

 

Jika tidak ada perubahan jadwal, hasil penilaian evaluator dari UNESCO dan penetapan status Geopark Merangin adalah April 2023. Kemungkinan hasil penilaian, bisa diterima dan diakui, atau sebaliknya, itu merupakan risiko dan konsekuaensi dari suatu penilaian. Namun yang jelas, Gubernur Jambi Al Haris telah all out, sudah berupaya semaksimal mungkin untuk memperjuangkan Geopark Merangin Jambi agar memperoleh pengakuan dan sertifikat dari UNESCO, untuk masuk dalam UNESCO Global Geopark, upaya yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan perekonomian dan kemajuan Provinsi Jambi.(*).

*) Penulis Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jambi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: