SUZUKI

Dukung Geopark Menuju UGGp, Disbudpar Laksanakan Pelatihan Penguatan Kelembagaan di Merangin

Dukung Geopark Menuju UGGp, Disbudpar Laksanakan Pelatihan Penguatan Kelembagaan di Merangin

Kepala Disbudpar Provinsi Jambi, Drs. M. Arif Budiman, M.H menyampaikan sambutan--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dalam rangka mengsukseskan persiapan Geopark Merangin menuju kenaikan status Unesco Global Geopark (UGGp), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi terus berusaha meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di sekitaran Geopark Merangin. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu melalui pelaksanaan kegiatan Pelatihan Penguatan Kelembagaan Pengelola Geopark di Merangin.


Narasumber Yunus Kusumahbrata saat menyampaikan materi--

Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung selama tiga hari yaitu pada tanggal 27 – 29 September 2022 di Hotel Merangin Bangko, yang dibuka langsung oleh Kepala Disbudpar Provinsi Jambi, Drs. M. Arif Budiman, M.H. Dengan menghadirkan narasumber yaitu Dr. Ir. H. Yunus Kusumahbrata, M.Sc (Staff Ahli Menteri ESDM Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup), Hari Wiki Utama, ST, M.Eg dan D.M. Mahdalena Ritongga, ST, MT (Dosen Fakultas Saintek UNJA), serta Amalla Rainita Indra (Anggota Pengurus Geopark)


Foto bersama--

Dalam arahannya Arif Budiman mengatakan, menjaga kelestarian geopark merupakan salah satu program prioritas nasional yang saat ini digencarkan oleh pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah. Terdapat tiga pilar dalam menjaga kelestarian geopark yang meliputi konservasi, ekonomi (pariwisata), dan edukasi. “Ketiga pilar ini menjadi dasar dalam menjaga kelestarian geopark yang berkelanjutan. Penguatan kelembagaan merupakan kunci dalam mewujudkan tata kelola yang mandiri, profesional, dan berkelanjutan,” katanya.


Perserta pelatihan mendengarkan arahan ketua panitia pelaksana--

Setelah mendapatkan pelatihan, lanjut Arif, kedepan diharapkan dapat mendukung kemajuan kepariwisataan di Kabupaten Merangin dan sekitarnya, serta Provinsi Jambi pada umumnya. “Melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan pengelolaan Geopark Merangin dapat berjalan dengan baik dan tentunya akan membawa Geopark Menuju UGGp,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Hj. Lies Indiani, ST.PDG, Sc. MM menambahkan, kegiatan Pelatihan Penguatan Kelembagaan Pengelola Geopark dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan para pengelola Geopark Merangin tentang bagaimana mengelola geopark secara lebih baik dan profesional. Juga untuk meningkatkan kesadaran pengelola geopark, akan pentingnya pengelolaan geopark yang baik bagi kemajuan pariwisata, serta mewujudkan Geopark Merangin menjadi UGGp. “Keberhasilan pembangunan sektor kepariwisataan tidak bisa terwujud jika pemerintah bekerja sendiri tanpa bersinergi dengan masyarakat, swasta dan stakeholders lainnya. Inilah maksud dilaksanakannya kegiatan ini,” imbuhnya.

Peserta yang terlibat dalam kegiatan itu yaitu Pengelola Geopark, Pemandu Wisata, Komunitas Pariwisata sebanyak 40 orang. (kar)

Sumber: